Cuci Tangan Ada Caranya? Simak Anjuran WHO!

Titipku – Sejak awal mewabahnya COVID-19 (virus korona), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai menganjurkan seluruh masyarakat di dunia untuk mencuci tangan menggunakan sabun secara berkala agar mengurangi persebaran virus korona. Membersihkan tangan menggunakan cairan berbasis alkohol (hand sanitizer) juga dapat menjadi alternatif jika kesulitan mendapatkan sabun dan air. 

Mencuci tangan menggunakan sabun terbukti efektif untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan kamu dengan catatan, cara mencuci tangan sudah sesuai dengan standar yang ada. Permasalahan cuci tangan mungkin terdengar sepele, sehingga banyak orang mencuci tangan asal-asalan atau sembarangan. Akibatnya, kuman dan virus yang kemungkinan menempel di tangan kamu tidak semuanya terbunuh. 

Penyebaran Virus Korona

Kuman dan virus memang menyebar dengan sangat cepat melalui kontak langsung dengan benda asing atau dengan orang yang sudah terpapar virus korona. Dilansir dari Tirto, kuman dan virus dapat menyebar dengan cara:

  1. Menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu.
  2. Menyiapkan makanan dan makan tanpa mencuci tangan.
  3. Menyentuh benda yang sudah terkontaminasi.
  4. Bersin atau batuk ke tangan dan menyentuh orang lain atau benda-benda.

Atas alasan tersebut, mencuci tangan menjadi sangat penting untuk melindungi diri sendiri, maupun melindungi orang lain. WHO memberikan cara mencuci tangan dengan baik dan benar. 

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Mencuci tangan dengan benar sampai bersih membutuhkan waktu kira-kira 20-30 detik. Dilansir dari laman resmi WHO, mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu sepanjang lagu “Selamat Ulang Tahun” yang dinyanyikan sebanyak dua kali. Berikut cara yang dianjurkan oleh WHO:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir
  2. Oleskan sabun cair di telapak tangan. Pastikan cukup untuk mencuci semua permukaan tangan
  3. Gosok telapak tangan kiri menggunakan tangan kanan dan sebaliknya
  4. Letakkan tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari terjalin, gosokkan, lakukan sebaliknya
  5. Telapak tangan kanan bertemu dengan telapak tangan kiri dengan jari saling terkait, gosokkan
  6. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dengan jari bertautan agar sabun menjangkau kuku dan pangkal jari
  7. Gosok (dengan gerakan memutar) ibu jari tangan kiri menggunakan tangan kanan, dan sebaliknya
  8. Gosok (dengan gerakan memutar) telapak tangan kiri menggunakan jari-jari tangan kanan yang merapat, dan sebaliknya
  9. Bilas menggunakan air mengalir
  10. Keringkan tangan menggunakan tisu sekali pakai
  11. Gunakan tisu kembali untuk mematikan keran.

Nah, setelah mengetahui cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan anjuran WHO, kamu dapat membeli produk-produk sabun untuk mulai mencuci tangan secara rutin. Jika bepergian, kamu dapat menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti sabun. Namun, jangan digunakan terlalu sering untuk mencegah resistensi antiseptik. Cara membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer sama dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Lakukan gerakan di atas sampai hand sanitizer benar-benar kering.

#DIRUMAHAJA

Untuk mendapatkan sabun dan hand sanitizer tanpa perlu repot keluar rumah, kamu dapat belanja lewat Titipku. Dengan mengunduh Aplikasi Titipku, kamu dapat belanja #DariRumah lho! Kamu juga dapat membeli masker untuk kebutuhan sehari-hari. Produk-produk yang ditawarkan oleh Titipku merupakan produk UMKM. Jadi, dengan belanja lewat Titipku, kamu juga turut membantu UMKM Indonesia di tengah pandemi COVID-19 ini. Yuk unduh Titipku dan mulai berbelanja #DariRumah!

Tinggalkan Balasan