Serupa Tapi Tak Sama, Ini Daftar Rempah yang Sulit Dibedakan

rempah, rempah-rempah, spices, sulit dibedakan, rempah yang sulit dibedakan,

rempah, rempah-rempah, spices, sulit dibedakan, rempah yang sulit dibedakan,

“Ini jahe atau lengkuas sih? ini ketumbar atau merica? Ahhhhh rempah-rempah ini sungguh sulit dibedakan. Mau tanya pedagangnya takut diketawain juga karena nggak bisa membedakan. Duhhh gimana ya?”

Percakapan dalam hati ini pasti relate dengan sebagian dari Anda. Ada sebagian dari kita yang pernah bertemu bumbu dapur yang secara perawakan mirip sehingga sulit dibedakan. Jika kita tidak bertanya atau dibimbing oleh pedagang pasarnya, besar kemungkinan akan mengalami salah beli. Dan kondisi ini drama sekali.

Untuk menghindarinya, baca artikel yang dilansir dari Stoqo.com di bawah ini soal 10 rempah yang sulit dibedakan dan bagaimana cara membedakannya:

 

Jahe dan Lengkuas

Sekilas, jahe dan lengkuas terlihat mirip sehingga cukup sulit bagi beberapa orang untuk membedakannya. Jika dilihat, jahe dan lengkuas mengingatkan kita pada ruas jari manusia. Bahkan, keduanya masuk dalam kategori jenis tanaman yang sama, dimana batangnya sama-sama merambat di dalam tanah. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Dari sisi rasa, jahe terasa agak pedas ketika dikunyah dan akan terasa efek hangat yang muncul saat kita makan atau kita minum. Secara fisik, jahe memiliki tekstur kulit serta serat daging yang terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan lengkuas. Warnanya juga terlihat kekuningan dan kulit jahe cukup mudah untuk dikupas menggunakan tangan. Aromanya pun kuat dan memiliki wangi khas jahe.

Sementara itu, lengkuas secara fisik memiliki tekstur kulit yang lebih kasar serta serat daging yang lebih keras. Warnanya ada dua, yaitu putih dan merah. Aromanya pun tidak sekuat jahe. Semakin tua usia lengkuas, rasanya bisa semakin pedas.

Kunyit dan Kencur

Kunyit dan kencur bisa dibedakan dengan beberapa cara. Yang pertama dilihat dari warnanya. Jika warnanya kuning, berarti bumbu tersebut adalah kunyit. Sedangkan untuk kencur, warna dagingnya putih namun daging kencur biasanya mudah dipotong karena cukup lunak. Secara fisik, kencur juga berbentuk lebih kecil dan bulat. Kulitnya juga mudah dikupas karena tipis. Aromanya pun khas.

Merica dan Ketumbar

Bumbu dapur selanjutnya yang terkadang sulit untuk dibedakan adalah merica dan ketumbar. Secara fisik keduanya cukup mirip karena warnanya yang hampir sama dan bentuknya yang sama-sama bulat.

Merica dan ketumbar bisa dibedakan dari aromanya. ketumbar lebih harum dan tidak pedas seperti merica. Kemudian dari fisik, ketumbar memiliki pola garis-garis jika dilihat dengan jelas dan seksama serta teksturnya lebih kasar. Warnanya pun agak cokelat, berbeda dengan merica atau lada putih.

Temulawak dan Kunyit

Selain dengan kencur, kunyit juga merupakan bumbu dapur yang cukup sulit dibedakan dengan temulawak. Terutama karena warnanya yang sama-sama kekuningan. Kulit keduanya pun sama-sama beralur hitam. Bedanya, kunyit memiliki warna yang lebih pekat jika dibandingkan dengan temulawak. Selain itu, alur hitam pada kunyit tidak sejelas temulawak. Rasa keduanya sama-sama pedas dan pahit di lidah, namun kita masih bisa merasakan sedikit manis pada kunyit.

Adas Manis dan Jinten

Rempah bumbu dapur ini mempunyai bentuk, rasa dan aroma hampir mirip. Bentuk keduanya mirip seperti jarum kecil dengan panjang sekitar 4-7 milimeter disertai garis-garis pada permukaan. Perbedaan dapat dilihat pada bentuk Adas manis dimana biasanya lebih gendut sedikit dibandingkan Jintan. Adas manis biasanya juga memiliki aroma yang lebih khas dan lebih tajam.

*****

Nah, udah tahu kan jenis-jenis rempah yang harus Anda cermati agar tak tertukar? Anda bisa coba mempraktikkannya langsung dengan belanja ke pasar. Jika kemudian Anda masih kesulitan dalam membedakan, ada baiknya titipkan saja belanjaan rempah Anda ke pihak yang berpengalaman, yakni Titipku. Jatiper Titipku sudah berpengalaman dalam membelanjakan pesanan para Bunda, jadi tentu bisa membedakan rempah yang ada di pasar.

Tinggal pesan #DariRumah, bayar, lalu tunggu belanjaan sampai. Simpel kan? Yuk download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan