Destinasi Kuliner Kota Semarang yang Wajib Didatangi!

Memiliki hobi berwisata kuliner tidak pernah membosankan. Kita selalu dapat mencoba makanan, jajanan, atau minuman khas dari sebuah daerah setiap kali kita berkunjung ke daerah baru. Setiap daerah pasti punya makanan dan minuman asli setempat yang sulit atau bahkan tidak bisa ditemui di daerah lain.  Tidak ada ubahnya dengan Kota Semarang. Selain dikenal karena destinasi wisatanya yang vintage (lawang sewu, kota lama), Kota Semarang juga terkenal karena kulinernya. Jangan lupa mampir ke destinasi kuliner Kota Semarang berikut saat berkunjung ke Semarang.

 

Mie Kopyok

Meski terdengar mirip dengan Mie Koclok dari Cirebon dan Mie Ongklok dari Wonosobo, Mie Kopyok merupakan makanan yang berbeda dari kedua makanan khas tersebut. Berbahan dasar mie yang direbus, Mie Kopyok disajikan dengan tetelan daging, tahu, lontong, dan kerupuk gendar. 

Seringnya, Mie Kopyok dikenal dengan Mie Lontong karena dimakan bersama lontong. Agar tidak kering, mie kopyok diberi kuah yang sudah dicampur dengan bawang putih yang sudah di-uleg. Tambahan terakhirnya adalah remasan kerupuk gendar, bawang goreng, dan kecap. Mie Kopyok biasa dijajakan dengan gerobak keliling ataupun di rumah makan yang menjadi destinasi kuliner di Kota Semarang. 

Tahu Gimbal

Sudah biasa dengan kupat tahu? Cobain nih makanan khas Semarang, tahu gimbal. Tahu gimbal berisi tahu goreng yang sudah diiris, kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal. Yang menjadi khasnya adalah gimbal, yaitu udang yang digoreng dengan tepung. Saus yang digunakan juga unik, yaitu saus kacang yang sudah dicampur dengan petis udang.

Baca Juga: Camilan Khas Kota Semarang yang Wajib Dicoba

Sudah sangat banyak penjaja tahu gimbal di Kota Semarang yang menjadi destinasi kuliner para wisatawan. Saat melewati Simpang Lima Semarang, cobalah berhenti di pinggir jalan untuk mencicipi tahu gimbal karena banyak sekali penjaja makanan di pinggiran jalan tersebut. 

Soto Semarang

Di Semarang, soto biasa dikonsumsi saat sarapan atau saat jam makan siang. Kalau soto yang biasa kamu makan berkuah kuning, Soto Semarang berkuah bening karena menggunakan kaldu ayam kampung. Tidak lengkap rasanya makan Soto Semarang jika tidak ditemani aneka sate dan gorengan. 

Salah satu Soto Semarang yang terkenal adalah Soto Bangkong. Kuahnya sedikit lain dengan Soto Semarang yang lain karena diberikan sedikit kecap yang diproduksi sendiri sehingga berwarna bening kecoklatan. Satu porsi Soto Bangkong berisi suwiran ayam, bihun, tauge, dan irisan tomat. Soto Bangkong lebih pas dinikmati ketika dicampur dengan nasi, namun kamu bisa meminta untuk dipisah jika tidak terbiasa. 

 

Berkunjung ke Semarang sebaiknya tidak lupa membeli oleh-oleh khas Semarang. Supaya lebih mudah, belanja oleh-oleh lewat aplikasi Titipku aja. Belanjaanmu akan diantar oleh Jatiper dengan aman. Yuk download aplikasinya dan mulai belanja mudah lewat Titipku. Ada promo HARTIPNAS yang bakal buat belanjaanmu Gratis Ongkir loh!

Tinggalkan Balasan