Asam, Nikmat, Bermanfaat: Fakta Yoghurt yang Menyehatkan

Kamu pasti pernah mengonsumi yoghurt. Suka atau tidak, yang jelas produk ini lebih mudah ditemukan saat ini, baik di pasar maupun supermarket. Banyak produsen bahkan memberikan aneka rasa sehingga membuat produk ini makin segar dan nikmat, serta tidak terlalu asam.

yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Minuman ini dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik.

Meski yoghurt adalah produk fermentasi dengan bakteri, ternyata produk ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Kumparan.com, berikut 5 manfaat yoghurt untuk kesehatan:

 

 

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yoghurt sangat baik untuk kesehatan pencernaan manusia, khususnya usus. Minuman ini mengandung bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus. Kedua bakteri itu terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar, yang merupakan kelainan umum yang memengaruhi usus besar.

Baca Juga: Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari

 

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai, menjaga daya tahan tubuh menjadi sangat penting. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan peningkat daya tahan tubuh, seperti yoghurt.

Kandungan probiotik, magnesium, selenium, dan seng dalam yoghurt memiliki peran dalam menjaga sistem imun manusia. Tak hanya itu, minuman ini juga mengandung vitamin D yang berpotensi mencegah berbagai macam flu.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini

 

  • Menghambat Osteoporosis

Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti: kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D. Kandungan tersebut dapat mencegah osteoporosis yang biasa terjadi pada orang lanjut usia.

 

  • Baik Bagi Jantung

Kandungan lemak dalam yoghurt termasuk sehat. Lemak alami dalam minuman ini bermanfaat bagi kesehatan jantung karena telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

 

  • Jadi Menu Diet

Rutin mengonsumsi yoghurt erat kaitannya dengan penurunan berat badan. Minuman ini membantu mengurangi jumlah lemak jahat dalam tubuh dan memperkecil lingkar pinggang. Bukan cuma itu, yoghurt juga tinggi protein yang membantu mengatur nafsu makan karena meningkatkan hormon leptin yang menandakan rasa kenyang. Wajar saja, kalau yoghurt menjadi minuman sehat favorit buat mereka yang sedang diet.

*****

 

Bagi kamu yang ingin diet atau hidup sehat, bisa banget nih beli yoghurt. Belinya pakai Titipku aja supaya kamu nggak perlu ke luar rumah. Selain itu, ada banyak promo menarik di Titipku. Salah satu promonya adalah ASIKRAMADAN yang bakal kasih kamu diskon hingga 100ribu!

Mau? Cusss download aplikasi Titipku sekarang.

Tinggalkan Balasan