Konsumsi Biji Kurma dan Rasakan Khasiatnya

Titipku –  Buah kurma sudah lama dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat. Ternyata bukan hanya buahnya, biji kurma pun bisa dikonsumsi dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kalau suka makan kurma, jangan buang bijinya karena bisa jadi obat berbagai penyakit. Secara tradisional bahkan biji kurma sudah diolah menjadi produk minyak yang kata khasiat.

Tak hanya itu, biji kurma juga kerap diolah menjadi kopi. Berbeda dengan kopi biasa, kopi ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti mengontrol gula darah, obat pencahar hingga meningkatkan nafsu makan.

 

Kandungan Nutrisi

Dilansir dari Health Benefit Times (8/6) Biji kurma mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, lemak, abu dan protein. Selain itu, kandungan antioksidan dalam biji ini yang sudah diolah jadi minyak, disebut-sebut mirip dengan minyak zaitun.

Biji kurma merupakan benih yang dilapisi kulit keras, biasanya berbentuk lonjong dan memiliki embrio kecil. Satu buah kurma memiliki berat sekitar 4-6 gram atau sekitar 20 persen dari berat total buah kurma. Namun hal ini dipengaruhi juga dengan jenis buah kematangan dan varietas buah kurma.

Baca Juga: 5 Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar!

 

Diolah jadi Minyak

Biji kurma tidak hanya mengandung nutrisi utama seperti potasium, magnesium, kalsium, dan fosfor, tetapi juga mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu,buah kurma juga mengandung minyak.

Tahukah kamu, biji kurma rupanya memiliki kandungan minyak yang lebih besar. Minyak yang diekstraksi dari biji memiliki komposisi vitamin, nutrisi, dan asam lemak esensial yang mengesankan, termasuk oleat, linoleat, laurat, palmitat, dan asam lemak stearat.

Minyak biji kurma sangat baik untuk merawat kesehatan rambut. Kandungan minyak ini menyehatkan folikel rambut dan menjaga rambut dengan optimal. Helai rambut jadi lebih kuat dan sehat, demikian juga bagian kulit kepala yang lembab dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Baik untuk Diet!

 

Kopi Biji Kurma

Selain dijadikan minyak, biji kurma juga bisa dijadikan kopi. Untuk membuat kopiini, kamu hanya perlu membersihkan bijinya dengan cara mencucinya dengan air mengalir. Kemudian jemur biji hingga kering. Setelah itu biji bisa disangrai hingga berwarna cokelat gelap dan mengeluarkan aroma harum. Biji bisa langsung digiling untuk kemudian diseduh seperti cara menyeduh kopi biasa.

 

*****

Mau beli kurma tanpa ribet? Lewat Titipku aja. Kamu bisa belanja mudah dan aman tanpa perlu ke luar rumah. Ada diskon kurma juga untuk kamu yang tinggal di wilayah Kelapa Gading. Yuk download aplikasi Titipku!

 

Tinggalkan Balasan