Mengenal Kue Pancong: Sejarah dan Cara Membuat

pancong, kue pancong, gandos, jajanan pasar, jajanan tradisional, camilan tradisional, resep gandos, resep kue pancong, sejarah gandos, secarah kue pancong, makanan betawi, camilan betawi, makanan khas betawi, camilan khas betawi

pancong, kue pancong, gandos, jajanan pasar, jajanan tradisional, camilan tradisional, resep gandos, resep kue pancong, sejarah gandos, secarah kue pancong, makanan betawi, camilan betawi, makanan khas betawi, camilan khas betawi

Jika ditanya soal makanan jadul, apakah ada di antara Anda sekalian yang akan menyebut kue pancong sebagai makanan jadul favorit? Kue berbentuk seperti pukis ini dahulu biasa ditemui di pinggir-pinggir jalan, namun kini sudah sulit ditemui karena semakin sedikit yang menjual.

Kue pancong, atau yang di daerah lain disebut sebagai gandos adalah kue manis-gurih berbahan dasar kelapa yang dimasak dalam cetakan pukis. Kue ini bertekstur renyah di luar namun lembut di dalam, dan biasanya disajikan hangat-hangat dengan taburan gula pasir di atasnya.

 

SEJARAH KUE PANCONG

Melansir dari Kabarsidia.com, kue pancong adalah kue tradisional khas Betawi. Banyak versi yang menyebutkan asal muasal nama kue ini. Ada yang menyebut bahwa kata “pancong” adalah bahasa asli Betawi. Ada juga yang menyebut bahwa kata “pancong” adalah singkatan dari “pantatnya dicongkel”. Hal ini masuk akal, sebab dalam proses pembuatannya, pedagang akan menggunakan tongkat besi berbentuk kail untuk mencongkel dan mengangkat kue yang sudah matang.

Seiring perkembangan zaman, kue pancong kembali dihadirkan dalam tampilan baru. Di Jakarta misalnya, ada sejumlah kafe yang membuat kue pancong zaman now yang disajikan dengan beragam topping dan dengan berbagai tingkat kematangan, seperti kue dengan topping cokelat keju atau kue rainbow yang berwarna-warni.

CARA MEMBUAT KUE PANCONG

Berikut adalah cara membuat kue pancong original. Bahan-bahannya cukup mudah dicari di pasar tradisional. Cara membuatnya pun cukup simpel. Melansir dari Fimela.com, berikut cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  • 250 gram tepung beras
  • 250 gram kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 700 ml santan kelapa
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat

  • Campur tepung beras, gula, garam, dan kelapa parut.
  • Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  • Panaskan cetakan, olesi dengan minyak.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan. Masak dengan api kecil dan tutup selama kurang lebih 10 menit.
  • Masak dengan api sedang selama 3 menit hingga bagian luarnya garing dan kecokelatan.
  • Balik kue pancong. Masak tanpa ditutup dengan api kecil selama 3 menit. Angkat dan sajikan dengan taburan gula pasir.

 

Mudah banget kan? Yuk langsung buat sendiri. Atau, jika Anda malas untuk membuat sendiri, Anda bisa beli kue pancong yang sudah jadi #DariRumah loh. Iya, jika Anda belanja pakai Titipku, Anda bisa membeli kue ini secara online. Di Pasar Karbela, ada penjual gandos yang cukup terkenal bernama Kue Pancong Pak Ajat.

Mau? Yuk download aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan