Lima Tips Menyimpan Buah-buahan Agar Awet

menyimpan buah, buah, fruit, fruits

menyimpan buah, buah, fruit, fruits

Di masa pandemi, pasokan sayur dan buah sangat penting di rumah. Pasalnya, sayur dan buah mampu memenuhi nutrisi tubuh sehingga tubuh kita mampu menangkal berbagai potensi penyakit dan melawan infeksi yang menyerang. Sayangnya, masa simpan buah tidaklah terlalu lama. Jika terlalu lama, buah akan busuk dan tidak layak untuk dimakan. Namun, ada beberapa tips menyimpan buah yang bisa membuat buah-buahan bisa disimpan dalam waktu lebih lama. Melansir dari Kumparan.com, berikut tips untuk menyimpan buah agar lebih awet.

 

  1. Buah Tidak Perlu Dicuci

Jangan cuci buah sampai siap untuk dikonsumsi. Sebab, mencuci buah dan sayuran sebelum menyimpannya akan membuatnya lebih cepat busuk. Buah akan jadi lembab, dan mempercepat pertumbuhan bakteri.

  1. Simpan Buah Secara Terpisah

Beberapa buah memproduksi gas ethylene yang bisa mempercepat tingkat kematangan. Untuk itu, sebaiknya simpan buah-buah tersebut di tempat terpisah. Beberapa jenis buah yang diketahui bisa menghasilkan gas ethylene antara lain: alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, pir, plum, dan tomat.

  1. Simpan di Suhu Ruangan

Ada beberapa buah-buahan yang lebih baik disimpan di suhu ruangan, saat belum matang. Misalnya pir, persik, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang. Ketika sudah cukup matang, baru pindahkan ke dalam kulkas. Dengan begitu, masa simpannya akan jadi lebih panjang.

  1. Simpan Buah Sitrus dalam Plastik

Buah sitrus seperti jeruk, tangerine, lemon, dan jeruk nipis bisa bertahan selama seminggu bila disimpan dalam tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Namun kita bisa memperpanjang masa simpannya dengan cara membungkusnya dalam plastik kedap udara dan meletakkan dalam kulkas.

  1. Lapisi Wadah Buah dengan Tisu

Kalau ingin mencuci, mengeringkan, dan memotong buah sekaligus supaya enggak repot saat ingin menyantapnya, ada satu trik yang bisa dilakukan supaya buah tak cepat busuk. Caranya, simpan potongan buah-buahan tersebut dalam kontainer kaca berwarna bening yang sudah dilapisi tisu tebal. Hal ini tak hanya akan membuat kita selalu ingat untuk menyantapnya, tapi juga bisa meminimalisir kelembaban. Sehingga, buah jadi lebih tahan lama.

*****

Itulah 5 tips menyimpan buah agar buah-buahan lebih awet. Yuk, mulai pasok buah di rumah. Belanja buah-buahannya dari rumah saja Bund pakai Titipku, agar lebih aman dan praktis. Tinggal pesan lewat aplikasi, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Cusss download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan