Makanan dan Minuman Ini Bisa Jaga Kualitas Vokal

Bagi kamu yang suka bernyanyi saat di kamar mandi, mungkin sekarang saatnya mengunggah nyanyainmu ke sosial media atau Youtube, supaya banyak orang bisa menikmati suara indahmu. Jangan malu dengan kualitas vokal, sebab pada dasarnya semua orang itu bisa bernyanyi asal dilatih dan dijaga suaranya.

Soal menjaga suara, ternyata bisa dilakukan dengan menjaga jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi. Biasanya, makanan yang berminyak akan dihindari karena bisa merusak suara. Untuk daftar makanan dan minuman yang bisa merusak suara bisa kamu cek di sini. Untuk artikel kali ini, akan lebih fokus membahas makanan dan minuman untuk menjaga kualitas vokal.

Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa menjaga kualitas vokalmu:

 

  • Air Putih

Salah satu kunci untuk menjaga kualitas vokal adalah dengan rutin menghidrasi tenggorokan. Mineral terbaik untuk mencegah dehidrasi tenggorokan adalah dengan cara minum banyak air bersuhu ruangan. Sebisa mungkin, hindari meminum es ya.

  • Roti Panggang

Saat menyantap roti panggang, biasanya kita akan merasakan ada sesuatu yang tertinggal di tenggorokan. Meski rasanya kurang nyaman, tapi kondisi ini bisa membuat mulut kita memproduksi lebih banyak kelembaban. Hal ini akan membuat tenggorokan kita terhidrasi secara alami.

  • Melon

Buah melon memiliki kadar air yang tinggi, yakni sebesar 90%. Memakan buah melon dapat membuat tneggorokan terhidrasi, sehingga kualitas vokal kita bisa terjaga. Jika ingin efek hidrasinya makin kuat, kamu bisa mencampurkan potongan buah melon ke dalam air.

  • Jus Apel

Setengah gelas jus apel dan air akan membuat kita terhidrasi sepanjang pidato panjang atau saat menyanyi. Jika kamu tidak suka dengan jus apel, kamu bisa menggantinya dengan buah apel hijau segar.

  • Teh Herbal hangat

Bila kafein bisa mengurangi kualitas suaramu, teh herbal justru punya efek sebaliknya. Minuman decaf alami ini akan menghangatkan tenggorokanmu dan membuat pita suara terasa nyaman. Mau lebih maksimal manfaatnya? Campurkan satu sendok madu di dalam teh.

 

Kamu bisa langsung coba tips di atas loh. Caranya, kamu coba merekam nyanyianmu sebelum dan sesudah mengikuti tips di atas. Dengarkan perbedaannya dan kamu bisa menilai seberapa besar tips ini berguna untuk vokalmu.

Kalau kamu ingin membeli melon, apel, atau teh herbal, bisa pakai Titipku loh! Belanja pakai Titipku praktis karena dilakukan cukup #DariRumah saja. Selain praktis, di Titipku ada promo Maret Asik yang bisa buat belanjaanmu makin murah. Nggak percaya? Download aplikasi Titipku dan coba belanja lewat Titipku.

Sumber: https://kumparan.com/kumparanfood/5-makanan-dan-minuman-untuk-menjaga-suara-tetap-merdu-penyanyi-wajib-coba-1srAKkxK7cd/full

Tinggalkan Balasan