Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Suara

Menyanyi sudah menjadi kegemaran bagi banyak orang. Entah itu dilakukan di depan kamera, di kamar mandi, ataupun di ruang karaoke, kegiatan menyanyi selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun demikian, terkadang kita merasa suara kita tidak prima sehingga nyanyian jadi terdengar parau. Jika begitu, mood kita untuk menyanyi pasti akan berkurang.

Daripada menerima nasib dan mengatakan “memang suaraku jelek, kok”, mending kita melihat apa yang merusak suara. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas suara adalah makanan dan minuman yang kita konsumsi. Melansir dari Halodoc.com, berikut adalah makanan dan minuman yang bisa merusak suara:

 

  • Gorengan

Terlalu banyak mengonsumsi gorengan memang tidak baik untuk kesehatan, dan juga dapat merusak kualitas suara. Gorengan dapat membuat suara serak. Terlebih jika minyak yang digunakan tidak bersih, risiko terkena radang tenggorokan makin tinggi.

  • Makanan Terlalu Asin atau Gurih

Makanan asin atau gurih dapat menyebabkan pita suara mengering dan membuat elastisitasnya berkurang. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya imbangi dengan banyak minum air putih agar tenggorokan tetap terhidrasi.

  • Makanan Bersantan atau Berlemak

Santan dapat memicu sakit tenggorokan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan santan mengandung minyak.

  • Makanan Pedas

Banyak penyanyi pasti akan menghindari makan pedas sebelum menggelar konser. Hal ini dikarenakan rasa pedas mampu membuat peradangan pada tenggorokan.

  • Hasil Olahan Produk Susu

Produk susu dapat memicu produksi lendir yang berlebihan pada tenggorokan, sehingga kamu mudah serak dan terserang batuk berdahak.

  • Makanan atau Minuman Asam

Mengonsumsi makanan dan minuman asam dapat memicu sensasi terbakar di kerongkongan. Hal itu terjadi karena makanan dan minuman asam memiliki pH rendah. Hal ini berisiko pada kerongkongan yang tidak memiliki lapisan pelindung asam seperti yang ada di perut.

  • Kacang-Kacangan

Terlalu banyak mengonsumsi kacang dapat membuat tenggorokan gatal, dan hal ini memicu suara serak dan batuk.

  • Makanan atau Minuman Dingin

Makanan atau minuman bersuhu terlalu rendah bisa membuat tenggorokan cepat kering. Akibatnya, pita suara mudah kehilangan elastisitasnya dan suara menjadi serak.

  • Kopi, Kafein, atau Alkohol

Kopi, kafein, dan alkohol dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Akibatnya, suara dapat menjadi serak.

*****

Nah, jenis-jenis makanan dan minuman di atas patut dihindari ya sebelum kamu bernyanyi. Jika tidak bisa atau sulit, kamu bisa mengurangi intensitas mengonsumsinya. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang aman bagi suara, seperti yang tertulis di artikel ini.

Untuk membeli makanan dan minuman yang bersahabat dengan suara, kamu bisa membelinya #DariRumah lewat Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja online. Di aplikasi ini, banyak pedagang buah, teh herbal, dan makanan lain yang siap kamu beli. Ada promo juga yang bisa kasih kamu diskon harga maupun potongan ongkir. Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan