Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan Rambut, Catat!

Titipku – Pernah mencoba produk perawatan kecantikan berbahan argan oil? Minyak nabati yang satu ini memang cukup populer sebagai salah satu kandungan produk skincare atau perawatan rambut.

Menurut artikel yang dilansir situs Dr.Axe, argan oil sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan infeksi kulit, gigitan serangga, dan ruam. Biasanya digunakan sebagai carrier oil atau biang untuk mencampur minyak esensial.

Lalu apa saja manfaat kecantikan yang dimiliki argan oil? Berikut ini beberapa di antaranya.

Memberikan nutrisi dan menjaga kelembapan rambut

Minyak argan kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya akan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut (kutikula), serta menjaga kelembapan rambut.

Menjaga kesehatan kulit kepala

Selain melembapkan, minyak argan juga mampu mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala.

Vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil dalam minyak argan berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.

Menjadikan rambut halus, berkilau, dan mudah diatur

Minyak argan bisa berfungsi sebagai kondisioner untuk membuat rambut menjadi berkilau, halus, serta lebih mudah disisir dan diatur. Minyak argan juga baik digunakan untuk membantu mengatasi rambut kusut.

Memperbaiki kerusakan rambut

Minyak argan bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut akibat proses penataan rambut yang menggunakan panas (heat styling) atau zat kimia, seperti cat rambut. Zat kimia dalam cat rambut bisa menghancurkan protein rambut sehingga rambut menjadi mudah rusak.

Asam linoleat dan asam oleat pada minyak argan mampu mengurangi jumlah protein yang hancur, di samping juga melindungi rambut dari proses heat styling, karena kedua asam lemak tersebut akan melapisi batang rambut.

Selain itu, perawatan dengan minyak argan dapat mencegah ujung rambut bercabang dan mengatasi rambut yang mudah patah, sehingga rambut akan menjadi lebih tebal dan lebih sehat.

Mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin E pada minyak argan dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat strukturnya. Terdapat penelitian yang juga menyatakan bahwa minyak argan mampu mencegah kerontokan rambut. Namun, belum banyak penelitian yang membahas hal ini sehingga manfaat tersebut belum dapat dipastikan.

#dirumahaja

Jika ingin berbelanja argan oil maupun kebutuhan bahan-bahan lainnya kamu bisa menggunakan aplikasi Titipku. Kamu bisa klik link ini untuk melakukan pembelian Argan Oil di salah satu UMKM yang ada di aplikasi Titipku. Aplikasi anak bangsa yang mempermudah kamu untuk membeli kebutuhan sehari-hari dalam satu pasar. Yuk cobain dan gunakan #produkdalamnegeri!

Tinggalkan Balasan