Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

apel, apple, cuka apel, cuka, vinegar, manfaat cuka apel

apel, apple, cuka apel, cuka, vinegar, manfaat cuka apel

Salah satu bahan makanan yang mudah ditemui adalah cuka apel. Cuka apel berasal dari ekstrak buah apel yang difermentasi dengan bakteri ragi. Manfaat cuka apel adalah bisa dijadikan campuran makanan. Rasa cuka apel yang asam segar biasanya digunakan untuk campuran makanan, seperti salad, sup, atau diolah menjadi saus dengan mencampurkannya ke mayonaise.

Selain sebagai perasa, manfaat cuka apel lainnya adalah untuk kesehatan tubuh. Cuka apel mengandung sejumlah nutrisi, seperti: pektin, vitamin B1, B2, C, dan asam folat. Melansir dari Alodokter.com, berikut sejumlah manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh kita.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel dapat meningkatkan proses pembakaran lemak sekaligus memberikan efek kenyang lebih lama. Meski demikian, Anda tetap harus mengimbanginya dengan diet ketat dan olahraga ya, karena efek cuka apel masih belum signifikan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan asam asetat di dalam cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah serta mencegah tekanan darah tinggi. Kombinasi manfaat tersebut menjadikan cuka apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Jika Anda mengimbanginya dengan olahraga dan jaga pola makan, maka kesehatan jantung dapat semakin terjaga.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, cuka apel juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin di dalam tubuh. Manfaat ini membuat cuka apel baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

  1. Menangkal Efek Radikal Bebas

Cuka apel mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang dapat menangkal dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas pemicu terjadinya berbagai macam penyakit. Bahkan, sebuah riset juga menyebutkan bahwa antioksidan di dalam cuka apel berpotensi untuk menjaga fungsi hati dan menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat asam pada cuka apel dipercaya dapat melembapkan kulit dan memperbaiki lapisan teratas kulit yang rusak. Sementara itu, sifat antibakteri yang juga terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pada kulit, seperti jerawat dan eksim. Untuk memperoleh manfaat yang satu ini, Anda dapat mengencerkan cuka apel terlebih dahulu, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh cuka apel dengan 10 sendok teh air. Selanjutnya, oleskan ke bagian kulit yang bermasalah.

*****

Itulah sejumlah manfaat cuka apel. Jika Anda mau beli cuka apel, beli saja #DariRumah pakai Titipku. Mumpung lagi ada promo spesial November nih! Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan