Mitos Tentang Cuka Apel Klaim Bisa untuk Obat Diet!

Titipku – Cuka apel tampaknya sedang menjadi tren karena dipercaya memiliki banyak khasiat baik. Tren tersebut membuat masyarakat Indonesia berlomba-lomba mengkonsumsi cuka apel.

Nah ternyata ada mitos yang salah dan terlanjur beredar di masyarakat Indonesia. Jadi, jangan sampai termakan hoaks ya.

Simak yuk mitos seputar cukap apel yang dilansir melalui Alodokter.com:

Membuat Kenyang

Sebuah uji klinis meminta para partisipan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dengan cuka apel. Hasilnya, para peserta merasa lebih cepat kenyang dan hanya mengonsumsi kalori lebih sedikit di penghujung hari.

Walau demikian, karena waktu pengujian yang masih tergolong singkat, maka manfaat cuka apel untuk membuat seseorang lebih kenyang belum bisa dijadikan sebagai pegangan. Masih dibutuhkan pembuktian lebih lanjut dengan melibatkan partisipan yang lebih banyak untuk membuktikan hal ini.

Menurunkan Gula Darah

Suatu penelitian menilai bahwa cuka apel dapat membantu menekan kadar gula darah dan HbA1c, yaitu salah satu penanda kadar gula darah dalam jangka panjang di dalam tubuh. Namun efek ini secara klinis tidak terlalu signifikan, karena penurunan kadar gula darah dan HbA1c yang terjadi, hanya dalam jumlah sedikit.

Meski manfaat ini dinilai sebagai fakta, lebih baik cuka apel jangan dijadikan pilihan utama pengobatan diabetes. Siapa pun yang hendak mengontrol kadar gula darah, dianjurkan untuk berfokus pada diet makanan sehat, bukan hanya mengandalkan cuka apel.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan adalah mitos belaka. Fakta yang sebenarnya justru wajib diwaspadai adalah rasanya yang sangat asam dan berisiko menyebabkan masalah pencernaan bagi mereka yang belum terbiasa mengonsumsinya. 

Selain itu, cuka apel dapat mengiritasi tenggorokan dan merusak gigi, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak. Cuka apel juga perlu diwaspadai bagi penderita gastroparesis, yaitu kelainan pergerakan lambung yang membuat pengosongan lambung tertunda.

#dirumahaja

Cuka apel bisa kamu beli melalui aplikasi asal anak negeri lho, yaitu Titipku. Selain membeli produk UMKM Indonesia, Titipku menghadirkan fitur baru juga. Jangan lupa juga ada fitur voucher saham dan reward yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi Titipku.

Cara dapetin voucher saham ini gampang lho. Saat kamu bertransaksi di Aplikasi Titipku baik menjadi Penjelajah, Jatiper, maupun Nitiper, kamu akan mendapatkan Voucher Saham tersebut senilai Rp 250,-.

Nah selain mendapatkan voucher saham, kalian juga bisa mendapagtkan reward dari aplikasi Titipku lho. Kalau di aplikasi Titipku reward ini bisa kamu lihat di sebelah voucher saham dengan nama Uang Tip.

Ayo download aplikasi Titipku di Playstore!

Tinggalkan Balasan