Wajib Tahu! Ini Manfaat Paprika yang Jarang Diketahui

Titipku.com – Siapa di sini yang suka dengan pizza? Di beberapa menu pizza, selalu menggunakan paprika sebagai salah satu toppingnya. Ya, paprika ini bisa memberi rasa sedikit pedas dan manis segar pada pizza yang kita santap. Selain diolah menjadi pizza, paprika dapat diolah ke dalam sayuran atau dimakan langsung. Manfaat paprika pun tak main-main, termasuk mencegah penyakit jantung salah satunya.

Capsicum annuum, atau lebih dikenal dengan paprika, adalah salah satu buah dalam kelompok terong-terongan. Paprika ternyata masuk ke dalam golongan buah, bukan sayuran. Buah yang satu ini memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Selain digunakan sebagai pelengkap masakan, paprika ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 4 Tips Memotong Paprika Praktis Gak Pake Ribet

Ini dia sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi paprika:

 

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan di dalam paprika tergolong tinggi. Beberapa jenis antioksidan yang bisa ditemukan di paprika antara lain adalah lutein dan zeaxanthin. Manfaat lutein dan zeaxanthin dari paprika adalah memelihara kesehatan mata serta mencegahnya dari berbagai gangguan, seperti katarak dan degenerasi makula.

  1. Memelihara kekuatan tulang

Kamu mungkin menyadari bahwa paprika memiliki warna yang beraneka ragam, seperti merah, kuning, dan hijau. Warna-warna tersebut muncul berkat pigmen yang disebut dengan karotenoid.

Menurut studi, kandungan karotenoid pada paprika dapat membantu mencegah kerusakan tulang, terutama pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam paprika, mulai dari beta karoten, vitamin C, hingga lutein. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hasilnya, tubuhmu akan terhindar dari berbagai penyakit.

 

mengolah paprika

Nah jika kamu bingung dalam mengolah paprika, ada satu menu yang wajib banget dicoba nih! Nama menunya adalah Tumis Kerang Paprika.

berikut resep Tumis Kerang Paprika yang bisa kamu coba:

Bahan:
– 250 gr kerang dara
– 3 paprika beda warna, masing-masing 1/2 buah
– 3 buah bakso, cincang dadu
– 1 buah kentang, iris dadu lalu goreng

Bahan bumbu:
– 1 siung bawang putih, cincang
– 1/2 siung bawang bombay, cincang dadu
– Saos raja rasa
– Saos tiram

Cara membuat:

      1. Tumis irisan bawang putih dan bawang bombay di atas sedikit minyak sampai harum.
      2. Masukkan kerang dan pentol bakso, tumis hingga setengah matang
      3. Masukkan irisan paprika
      4. Tambahkan saos raja rasa dan saus tiram. Koreksi rasa hingga pas di lidah.
      5. Masak hingga matang, usahakan agar paprika tidak terlalu layu karena lama dimasak.

       

    1. *****

      Itulah sejumlah manfaat paprika bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolah paprika menjadi makanan lezat. Mau beli paprika tanpa ribet? Ayo pakai aplikasi Titipku. Kamu bisa belanja di pasar tanpa perlu ke luar rumah lho. Kamu tinggal di Jogja? Kamu bisa beli Paprika di Pasar Pathuk lewat Titipku. Kalau yang tinggal di Jakarta, bisa banget beli paprika di Pasar Muara Karang.

      Selain belanjanya lebih santai karena dilakukan di rumah, belanja lewat Titipku juga hemat karena punya banyak promo. Bulan Maret ini di Titipku ada promo Maret Asik yang promo-promonya bisa kamu lihat di sini atau di gambar di bawah. Catat tanggalnya ya supaya nggak kelewatan!

    2.  

      Download Titipku sekarang di Google Playstore.

Tinggalkan Balasan