Manfaat Serabut Kelapa untuk Tanaman, Mantap Banget!

Sebagai salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, tidak mengherankan jika kelapa banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Selain daging buah dan airnya yang enak dan menyegarkan, bagian buah lainnya juga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saja, ampas parutan kelapa bisa digunakan untuk memasak botok atau serundeng. Tempurung kelapa yang super keras juga dapat diubah menjadi arang untuk memasak. Lalu serabut kulit kelapa juga berfungsi untuk kamu yang lagi suka bercocok tanam.

Apa aja sih manfaat serabut kelapa untuk tanaman? Simak informasi berikut yuk.

 

Sebagai Media Tanam

Untuk kamu yang hobi menanam tanaman hias seperti anggrek, kamu dapat menggunakan serabut kelapa sebagai media tanam. Serabut kelapa memiliki kemiripan dengan habitat asli tanaman anggrek, sehingga dapat membuat anggrek tumbuh subur. Selain itu, bagian dari kelapa ini juga merupakan media tanam yang baik karena dapat mengikat air dan unsur hara dengan baik. Wah, buat kamu yang suka menanam anggrek, bisa banget nih dicobain!

Baca Juga: Ini Makanan Lezat Berbahan Ampas Kelapa

Mengandung Kalium yang Baik

Kalium adalah salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tanaman, terutama pada fase berbuah atau berbunga. Tidak seperti poin sebelumnya, kamu tidak menggunakan serabut kelapa sebagai media tanam, namun sebagai pupuk. Pupuk kalium anorganik harganya cukup mahal. Sehingga pupuk serabut kelapa menjadi alternatif yang sangat baik. 

Membuat pupuk dari serabut kelapa cukup mudah. Kamu hanya perlu membakarnya saja sampai menjadi abu. Abu tersebut lalu dicampurkan dengan media tanam yang kamu gunakan. Mudah banget kan?

Baca Juga: Air Kelapa Tua Ternyata Punya Banyak Manfaat

Dapat Digunakan Sebagai Mulsa

Buat kamu yang belum tahu, mulsa adalah penutup  tanah pada lahan pertanian. Mulsa yang biasanya digunakan adalah mulsa plastik yang berwarna silver di bagian atasnya. Pasti kamu sudah pernah melihatnya kan?

Mulsa pada pertanian memiliki peran penting yaitu menjaga air tanah agar tidak mudah menguap saat panas, menutupi tanah dari sinar matahari langsung agar menghambat dan mencegah tumbuhnya gulma, dan mengurangi aliran air agar pupuk tidak mudah hanyut ketika hujan atau disiram air. 

Nah, serabut kelapa memiliki fungsi yang serupa dengan mulsa plastik. Hanya saja, jika menggunakan mulsa sabut kelapa harus cukup tebal agar sinar matahari tidak dapat masuk melalui celah-celah mulsa. Selain itu, menggunakan mulsa organik jauh lebih menguntungkan karena lama-kelamaan mulsa organik akan terurai dan membuat tanah tetap gembur. 

 

Wah ternyata manfaat sabut kelapa untuk tanaman bagus banget ya! Nah kalau kamu mencari pupuk tambahan untuk tanaman kalian, bisa banget nih cari lewat Aplikasi Titipku. Titipku menawarkan pupuk olahan asli dari UMKM Indonesia lho!

Soal ongkir nggak perlu khawatir. Titipku punya promo HARTIPNAS sampai akhir Februari 2021. Promo ini berisi Gratis Ongkir 100%. Caranya: cukup masukkan Kode Promo ONGKIRGRATIS di kolom promo saat hendak checkout.

Yuk download aplikasinya dan mulaibelanja mudah lewat Titipku.

Tinggalkan Balasan