Tips Masak Makanan Sehat Rumahan yang Anti Ribet

makanan sehat, healthy food, nutrisi seimbang, non MSG, MSG, beli produk lokal, dukung petani

makanan sehat, healthy food, nutrisi seimbang, non MSG, MSG, beli produk lokal, dukung petani

Kalau bicara makanan sehat, makanan apa sih yang terlintas di benak? Kebanyakan dari kita akan membayangkan makanan fancy yang disajikan oleh restauran mewah atau rumah makan vegan yang harganya tidak murah. Sehingga, beberapa dari kita akan ‘undur diri’ tidak mencoba makanan tersebut.

Padahal, makanan sehat itu bisa dibuat sendiri dengan bahan dasar yang murah loh, asal Anda tahu tips-tips dari Kumparan.com berikut ini

 

  • Utamakan Keseimbangan Nutrisi

Kunci utama dalam menyajikan makanan sehat adalah nutrisi yang balance (seimbang). Misalnya untuk sumber karbohidrat, Anda bisa mengganti nasi putih yang biasa kita konsumsi dengan nasi merah atau multigrain. Kemudian, untuk sumber energi lain, Anda bisa mengganti gula dengan madu. Kemudian, penggunaan garam sebaiknya dikurangi juga. Anda bisa mengganti garam dengan kecap asin atau saus tiram yang memiliki rasa sama-sama asin.

  • Perhatikan Komposisi Masing-Masing Bahannya

Tidak kalah penting, Anda juga harus memperhatikan betul apa saja bahan yang digunakan dalam bumbu masakan. Sebaiknya, untuk memasak makanan sehat tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mengandung MSG. Tidak hanya bumbu masak MSG yang harus dihindari, tapi juga semua bahan dapur yang mengandung MSG. Kita bisa melihat kandungan MSG dalam tiap produk dapur di komposisi di kemasan produk. Saus misalnya, ada yang mengandung MSG juga loh. Jadi, hati-hati ya.

  • Gunakan Bahan Lokal

Bahan organik harganya relatif lebih mahal, maka pakailah bahan lokal. Selain lebih hemat, penggunaan bahan lokal juga bisa mendukung petani lokal. Tak perlu khawatir, bahan lokal yang dijual juga kualitasnya baik-baik kok!

Nggak percaya? Coba deh Anda belanja sayur dan buah lokal di pasar terdekat #DariRumah menggunakan aplikasi Titipku. Pesan saja selada, alpukat, tomat cherry, dan bahan masakan sehat lainnya pakai aplikasi. Nanti Jatiper akan datang mengantarkan pesanan Anda. Setelah pesanan sampai, cek kualitas produknya. Dijamin segar dan berkualitas baik deh.

Jadi, jangan ragu lagi. Ayo bikin makanan sehat berbahan produk lokal yang segar, yang dibeli dari pasar terdekat pakai aplikasi Titipku. Anda bisa mendownload aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan