Mengenal Soto Banjar, Makanan Khas Kalimantan Selatan

Soto sudah menjadi salah satu makanan khas Indonesia sejak lama. Bahkan di setiap daerah memiliki ciri khas sotonya masing-masing. Tentunya terdapat beberapa kesamaan seperti menggunakan nasi atau ketupat dan berkuah, terdapat kol dan tauge, atau daging ayam dan daging sapi. Namun, bahan-bahan yang digunakan akan berbeda sehingga menghasilkan rasa yang berbeda-beda pula di setiap daerah. Nah, kali ini kita akan mengenal Soto Banjar lebih dekat. 

Soto Banjar, sesuai namanya, merupakan masakan tradisional dan khas yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dari tampilannya, sepintas Soto ini memiliki kemiripan dengan soto-soto yang berasal dari Jawa. Namun, Soto ini sendiri memiliki cita rasanya yang khas yang berbeda dari soto lainnya di Indonesia. 

 

Bahan yang Digunakan

Bahan utama Soto Banjar adalah ayam kampung. Untuk bumbu yang digunakan berupa bawang merah, bawang putih, dan merica. Tidak seperti soto khas Jawa yang menggunakan kunyit, Soto ini tidak menggunakan kunyit namun menggunakan rempah-rempah sebagai gantinya. Rempah-rempah yang digunakan adalah kayu manis, biji, pala, cengkeh, dan kapulaga. 

Daging ayam direbus bersama dengan garam, dan salam, dan jahe. Rempah-rempah dan bumbu tadi kemudian ditumis dan dicampurkan ke dalam kuah kaldu dari sisa rebusan ayam. Perpaduan antara rempah-rempah dan kaldu ayam menghasilkan cita rasa yang khas bagi Soto Banjar. 

Baca Juga: Biar Nggak Salah, Ini Perbedaan Soto dan Coto

Cara Penyajian

Meskipun pada umumnya Soto disajikan bersama nasi, ternyata Soto Banjar disajikan dengan ketupat lho! Satu mangkok Soto ini berisi ketupat, mie soun, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawan dan seledri. Tidak lupa juga ditambahkan daging ayam yang sudah disuwir-suwir

Jika kamu tidak suka dengan ketupat, kamu masih bisa menyantap soto bersama nasi kok. Akan tetapi, namanya bukan Soto Banjar lagi ya. Jika ingin menggunakan nasi kamu bisa memesan Nasi Sop atau Sop Banjar.

Ketika menyantap Soto atau Sop Banjar, tidak akan lengkap jika tidak bersama dengan sate ayam dengan kuah khasnya yang manis. Menyantap Soto Banjar dengan sate sudah menjadi sebuah tradisi untuk menikmati makanan khas Banjarmasin ini. 

Baca Juga: Soto Gerabah Mbok Tuginem 6 Ribu Saja Bonus Pemandangan Pedesaan!

*****

Ingin mencoba Soto Banjar, tidak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin di masa pandemi ini. Kamu bisa banget membuatnya sendiri lho! Supaya lebih mudah, belanja kebutuhannya lewat Aplikasi Titipku saja. Belanja di pasar terdekat jadi lebih mudah bersama Titipku karena banyak diskon dan tidak perlu repot keluar rumah. Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku. 

Tinggalkan Balasan