Menghemat Air Itu Sangat Perlu! Begini Caranya

air, water, menghemat air, berhemat air

air, water, menghemat air, berhemat air

Titipku – Setiap manusia membutuhkan air bagi kelangsungan hidupnya. Sumber daya alam yang satu ini sangatlah penting karena digunakan untuk minum, mandi, memasak, mencuci, dan berbagai keperluan esensial lainnya. Sayangnya, manusia kerap membuang-buang air begitu saja. Padahal stok persediaan air lama-kelamaan bisa menipis. Oleh sebab itu, untuk menjaga persediaan air bersih tentu saja kita harus menghemat. Lantas, bagaimana cara menghemat air yang sebaiknya dilakukan?

 

  1. Memantau Penggunaan Air

Cara menghemat air yang paling mudah dilakukan adalah dengan memantau penggunaannya. Pasalnya, kalau tidak diawasi, akan terjadi pemborosan air. Bentuk-bentuk pemantauan penggunaan air bisa banyak cara: misalnya dengan tidak menyalakan terus shower saat mandi, atau tidak asal menggunakan air saat menyirami tanaman. Oleh karena itu, cara sederhana menghemat air di rumah bisa dimulai dengan  melakukan pemantauan agar pemakaiannya dapat terkendali.

 

  1. Matikan Keran Air yang Tidak Dipakai

Salah satu hal yang sering menyebabkan pemborosan air adalah karena lupa mematikan keran air yang sudah tidak dipakai. Jika air yang mengisi bak penampungan sudah penuh atau sedang tidak dipakai, sebaiknya langsung matikan keran air. Selain air jadi terbuang sia-sia, tagihan air atau listrik pun juga bisa mengalami pembengkakan.

 

  1. Perhatikan Durasi Mandi

Aktivitas yang satu ini memang dibutuhkan, terutama di era New Normal. Kebersihan menjadi sebuah keharusan, namun, tidak sedikit orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi dan malah membuat keran air terus-menerus mengalir. Sebagai salah satu bentuk cara menghemat air, cobalah untuk membatasi waktu mandi setiap anggota keluarga, sehingga penghematan air pun dapat terealisasikan.

 

  1. Jangan Tunda Perbaikan Pipa Air yang Bocor

Jika saluran air di rumahmu terhubung dengan pipa penyaluran, lakukanlah pengecekan secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak. Hal ini juga bisa dijadikan salah satu cara menghemat air di rumah yang bisa kamu lakukan agar tidak ada air yang terbuang sia-sia karena kerusakan pipa.

 

  1. Gunakan Keran Aerator

Cara sederhana menghemat air di rumah berikutnya adalah dengan beralih menggunakan keran aerator. Apa itu aerator? Aerator adalah mesin yang bisa menghasilkan gelembung udara dan menggerakan air yang biasanya digunakan di akuarium. Dengan menggunakan keran aerator ini, aliran air dari keran jadi bisa dibatasi untuk menghemat penggunaannya.

 

Selain berhemat air, kamu juga perlu berhemat dalam berbelanja. Karena sama saja jika kamu hemat pengeluaran air tapi boros di pengeluaran belanja. Soal belanja hemat, Titipku jagonya! Kamu bisa belanja #DariRumah di banyak pedagang di satu area pasar dan cukup bayar ongkir sekali saja. Kurir Titipku yang bernama Jatiper juga sudah ahli memilihkan pesanan sehingga produk yang nantinya diantar pasti dalam kondisi baik.

Tertarik? Download Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan