Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Wajib Diketahui

Titipku.com – Masih banyak masyarakat di sekitar kita yang mengolah sampah rumah tangga secara tidak tepat. Misalnya, membakar sampah plastik bersamaan dengan jenis sampah lainnya. Cara ini tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan sekitar karena menghasilkan asap putih beracun. 

Faktanya, banyak masyarakat kita yang masih bingung soal cara mengolah sampah di rumah yang aman dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Nah ini dia tiga cara mudah mengolah sampah-dampah rumah tangga!

 

  1. Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Pisahkan sampah rumah tangga dalam dua kategori, yaitu organik dan anorganik. Cara pemisahan ini dapat memudahkan kamu saat akan mengelola sampah masing-masing sampah. Memisahkan jenis-jenis sampah juga berguna untuk mengurangi aroma tidak sedap loh! Sampah organik biasanya mudah busuk. Jika sampah tersebut bercampur sampah anorganik, maka potensi sampah organik menimbulkan aroma tidak sedap semakin besar.

Bila sudah dipisahkan, sampah organik bisa langsung digunakan untuk membuat pupuk kompos, sementara sampah anorganik bisa didaur ulang atau digunakan untuk kepentingan lain. Selain dua kategori ini, kamu juga perlu memisahkan sampah bahan berbahaya (baterai, barang elektronik rusak, wadah tinta printer, dan bahan kimia lainnya) untuk dibuang sesuai dengan instruksinya agar tidak merusak lingkungan.

 

  1. Jalankan Prinsip 3R

Langkah ini merupakan perpanjangan tangan dari pemisahan sampah anorganik yang didaur ulang. 3R terdiri dari reuse (penggunaan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mendaur ulang). Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengimplementasikan prinsip ini, misalnya menggunakan botol air mineral bekas sebagai pot untuk menanam tanaman. Kamu juga bisa menyetorkan sampah plastik ke pengrajin produk daur ulang. Saat ini di tiap kampung sudah banyak terdapat pengrajin barang daur ulang.

 

  1. Kurangi Sampah Sesuai Kemampuan

Dengan memperhatikan prinsip reduce atau mengurangi, kamu bisa memaksimalkan pengurangan sampah untuk pengelolaan yang lebih mudah. Mulailah dengan langkah-langkah mudah seperti menghabiskan makanan agar mengurangi sampah sisa makanan, mengurangi pemakaian kantong plastik saat belanja, dan mengurangi minum dari botol air kemasan.

 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, perlahan-lahan tapi pasti, sampah di rumah akan otomatis berkurang dan kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga sebesar sebelumnya dalam mengelola sampah karena diet sampah yang dijalani.

Untuk membantu dalam mengolah sampah rumah tangga, kamu bisa membeli peralatan rumah tangga melalui aplikasi TitipkuAda banyak sekali produk pengolah sampah yang dibuat oleh UMKM Indonesia yang tergabung dalam Titipku. Belanja sekarang, mumpung ada promo Gratis Ongkir 100% khusus tanggal 17 Februari 2021! Caranya: masukkan Kode Promo ASIKGRATIS saat hendak checkout belanja.

Coba yuk beli produk-produk Indonesia di Titipku. Download di sini!

Tinggalkan Balasan