Pilihan Menu Sahur yang Tahan Lama Kenyangnya

Titipku –  Menu sahur merupakan hal yang harus benar-benar diperhitungkan saat berpuasa. Pastikan tidak bikin cepat lapar lagi, dan mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi. Pilihan menu sahur yang tepat memampukan seseorang tetap beraktivitas secara optimal sembari berpuasa.

Lalu, menu sahur apa saja sih yang efektif menjaga stamina dan bikin tahan lapar seharian? Berikut daftarnya:

 

  1. Nasi merah

Tak semua orang terbiasa mengonsumsi nasi merah sebagai sumber karbohidrat. Namun jika ingin mencoba menu sahur baru agar rasa kenyang lebih tahan lama, nasi merah amat boleh dicoba. Pasalnya, nasi merah mengandung serat dan indeks glikemik rendah sehingga penyerapan gizi berlangsung perlahan, rasa kenyang pun bertahan lebih lama.

 

  1. Telur

Telur kaya akan protein sehingga waktu butuh waktu lama untuk mencerna. Hasilnya, rasa kenyang bertahan lebih lama. Agar variatif, telur bisa dibuat sunny side up, orak-arik, atau direbus untuk jadi campuran salad sayur. Jika kamu tidak memiliki alergi protein, telur juga bisa dijadikan menu wajib sahur harian.

 

  1. Oatmeal

Kandungan karbohidrat kompleks dan protein pada oatmeal tentu bisa membuat kenyang setelah sahur bertahan lama. Oatmeal bisa dicampurkan buah seperti pisang atau stroberi.

 

  1. Pisang

Kandungan serat dan vitamin pada pisang \dipercaya efektif membuat stamina terjaga dan kenyang bertahan lebih lama. Selain pisang, buah semangka dan melon juga bisa menjadi alternatif saat di rumah tidak ada pisang.

 

  1. Alpukat

Tak hanya cocok diolah sebagai menu berbuka puasa, alpukat rupanya tepat dijadikan pilihan menu sahur. Pasalnya, kandungan serat dan lemak baik bisa menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama.

 

  1. Apel

Sangat disarankan kamu makan apel tanpa membuang kulitnya, karena kulit apel mengandung serat pektin yang berperan sebagai penekan nafsu makan. Jadi cocok banget yah buat kamu yang lagi diet. Sebutir apel juga hanya mengandung 80 kalori, tapi kandungan serat dan airnya membuat kita merasa kenyang yang sama dengan kenyang setelah makan besar.

 

  1. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan mede memang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks yang bersifat mengenyangkan. Tapi sebaiknya kamu pilih kacang yang nggak terlalu asin ataupun terlalu manis, agar nutrisi di dalamnya nggak berubah menjadi kalori tinggi yang justru menaikkan berat badanmu.

 

Nah itulah daftar menu sahur yang membuat kenyang tahan lama. Yang penting, pastikan menu sahurmu sehat dan membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga ibadah puasa bisa dijalankan dengan lancar.

Jika kamu butuh membeli produk-produk diatas untuk dipasok di rumah, belanja saja di Titipku. Aplikasi ini memungkinkanmu belanja aneka kebutuhan pokok dari rumah. Tak hanya lengkap produknya, pengantaran Titipku dilakukan tiap hari mulai jam 6 pagi, jadi jika ingin mengejar produk segar bisa banget. Lalu Titipku juga punya garansi produk jika ditemui ada produk yang rusak atau salah diantarkan oleh Jatiper.

Tertarik? Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan