Mulai Bosan di Rumah, Lakukan Aktivitas Ini untuk Menambah Pemasukan!

Titipku РAkibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota besar di Indonesia, masyarakat pun bekerja dan melakukan aktivitas lainnya dari rumah. Meski beberapa kota lainnya belum menerapkan PSBB, namun masyarakat tetap dihimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Selain itu kamu juga dihimbau untuk tetap sehat selama #DiRumahAja.

Bagi pelajar dan mahasiswa juga melakukan kegiatan belajar di rumah via daring. Tidak bisa keluar rumah untuk bekerja sambilan, bagi mahasiswa dan pelajar, tentu berdampak pada keadaan finansial. Banyak dana dibutuhkan untuk membeli keperluan selama di rumah, termasuk kuota untuk belajar ataupun kuliah online, tetapi nihil pemasukan. Untuk menambah pemasukan dan tabungan kamu selama #DiRumahAja, kamu dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikut:

Membuka Kursus Online

Selama #DiRumahAja, masyarakat makin sering menggunakan internet termasuk media sosial. Tidak hanya untuk belajar ataupun bekerja, tetapi juga sarana hiburan. Nah, kamu bisa memanfaatkan media sosialmu sebagai sarana pemasaran dari kursus yang akan kamu tawarkan. Jika sebelumnya kamu sudah membuka kursus tatap muka, kamu hanya perlu mengubah metode pengajaran secara daring. Namun, jika kamu baru dalam bidang ini, kamu dapat memberikan kursus dari keterampilan yang paling kamu kuasai. Lumayan kan untuk mengisi kegiatan agar tidak bosan sekaligus menambah penghasilan?

Jual Barang Bekas

Jika kamu sangat sibuk bekerja sampai tidak pernah membersihkan dan merapikan barang-barangmu, masa pandemi ini sangat tepat untuk melakukan hal tersebut. Kamu dapat menyortir barang-barang apa yang sudah tidak kamu pakai, baju yang masih layak pakai tetapi sudah jarang kamu pakai, atau buku yang menumpuk namun belum dibaca. Kumpulkan barang-barang yang masih baik, lalu kamu dapat menjualnya secara daring. Akan tetapi, jika kamu berbesar hati ingin menyumbangkannya untuk orang yang membutuhkan, sangat boleh sekali lho! Banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan kita di masa-masa sulit seperti ini.

Menjadi Penerjemah

Nah kegiatan ini sangat cocok untuk kamu yang sudah lama belajar bahasa asing. Selain kamu dapat membuka kursus online dengan mengajarkan bahasa yang kamu kuasai, kamu juga dapat menjadi penerjemah lho. Banyak perusahaan membutuhkan jasa penerjemah. Lebih sempit lagi, mahasiswa bahkan membutuhkan jasa penerjemah untuk sekadar menerjemahkan abstrak ataupun jurnal internasional. Tentunya bayaran yang kamu terima sesuai dengan kesepakatan dari klienmu, kecuali kamu adalah penerjemah tersumpah. 

#dirumahaja

Nah, kegiatan-kegiatan tersebut terdengar sepele, tetapi dapat kamu coba untuk menambah pemasukan selama pandemi COVID-19. Namun, jangan lupa untuk membantu orang lain yang terkena dampak dari PSBB ini, utamanya pelaku UMKM. Untuk membantu mereka, Titipku bekerja sama dengan Kitabisa mengadakan Donasi 10.000 Paket Sembako untuk UMKM dan keluarga kurang mampu di Indonesia. Kamu juga bisa ikut membantu dengan klik di sini. Yuk bantu UMKM Indonesia lawan COVID-19! Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat untuk temani kamu #DiRumahAja ya!

Tinggalkan Balasan