Nasi Jagung Menu Sehat Tradisional yang Bikin Kenyang

Titipku- Jagung termasuk dalam daftar komoditas palawija unggulan. Jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang diolah menjadi berbagai bentuk dan varian. Produk-produk seperti bubur instant, gula jagung, sereal jagung dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan kita ketika tidak punya banyak waktu untuk mengolahnya sendiri. Akan sangat mudah kita jumpai produk-produk jagung instan di swalayan dan pusat perbelanjaan lainnya. 

Tahukah kamu jika jagung bisa diolah menjadi nasi?

Olahan satu ini memang nampak asing di telinga kita bahkan akan sulit dicari. Tapi jangan salah, nasi jagung ini ternyata berasal dari kebudayaan masyarakat tradisional yang pada saat itu mengalami kesulitan dalam produksi beras. Bahan-bahan seperti singkong dan jagung akhirnya disulap menjadi nasi. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam umbi dan palawija tersebut dapat digunakan sebagai substitusi  beras.

Nasi Jagung, Via Instagram Icha_awangsyah

Nasi jagung berasal dari jagung yang sudah melalui proses pengeringan. Bisa dijemur dibawah sinar matahari langsung atau dengan teknik-teknik tertentu. Jagung yang sudah dikeringkan tersebut lalu dihancurkan. Karena goalsnya sebagai pengganti nasi, tentunya juga diolah layaknya nasi pada umumnya. Jagung dihancurkan sampai lembut. Setelah itu barulah bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Untuk menjadikannya nasi, jagung yang sudah halus tadi dimasak dengan cara dikukus. Pastikan api yang digunakan cukup stabil dan pakai api kecil saja. Cukup mudah bukan?

Seiring perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pengolahan nasi jagung juga mengalami transformasi dari mulanya dengan cara tradisional dan sekarang beralih dengan teknologi modern. Tapi tidak perlu khawatir, cita rasa dari nasi jagung tetap sama seperti nasi jagung yang sudah ada sejak jaman tradisional. Hanya saja bentuk dan variannya saat ini lebih beragam. Banyak inovator-inovator yang kemudian menuangkan ide-idenya untuk membuat terobosan baru dalam rangka menambah variasi dari nasi jagung itu sendiri.

Nasi jagung tradisional bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional. Biasanya para penjual menjajakan nasi jagung dengan kemasan tradisional pula. Kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahannya dapat kamu cari di Aplikasi Titipku. Mengapa melalui aplikasi? Terkadang kita terlalu sibuk dengan urusan lain yang lebih penting, sehingga kegiatan seperti berbelanja bumbu-bumbu dapur seringkali terabaikan. Maka dari itu, mari beralih ke Aplikasi Titipku dan dapatkan produk-produk yang berkualitas.

Ayo belanja di Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Nasi Jagung Menu Sehat Tradisional yang Bikin Kenyang”

Tinggalkan Balasan