Nyeri Otot Usai Olahraga? Redakan Dengan Cara Ini

Belakangan ini banyak dari kita yang memulai hidup sehat dengan rutin berolahraga. Bagi mereka yang sedang memulai program olahraga intens, tentunya merasakan nyeri otot usai berolahraga. Kalau sudah merasa nyeri, kita akan merasa berat untuk beraktivitas, apalagi memulai sesi olahraga selanjutnya.

Melansir dari Kompas.com, nyeri otot yang dirasakan disebut sebagai delayed onset muscle soreness (DOMS). Nyeri ini biasa terjadi ketika kita kembali berolahraga setelah rehat lama, mencoba gerakan baru, atau menambah dosis latihan. Biasanya, nyeri otot akan bertahan selama tiga hari.

Nah, supaya olahraga dan aktivitas harianmu bisa tetap jalan tanpa diganggu nyeri otot, kamu bisa mengikuti tips pereda nyeri berikut ini:

 

  • Cukup Minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah aspek penting dalam proses pemulihan otot. Air dapat mengurangi peradangan, memberi nutrisi untuk otot, dan menjaga cairan dalam tubuh bergerak lancar.

  • Pijat Ringan

Memberikan pijatan ringan pada tubuh setelah berolahraga membantu relaksasi otot, sehingga bisa meredakan nyerinya. Pijatan juga bisa menggerakkan cairan tubuh yang terakumulasi di otot setelah berolahraga.

  • Makan Setengah Jam Setelah Olahraga

Makanan yang bergizi dapat mempercepat regenerasi sel. Setengah jam usai olahraga, berilah asupan protein, karbohidrat, dan vitamin dalam rupa makanan ke tubuh sehingga bisa mencegah otot nyeri.

  • Tidur Cukup

Istirahat cukup seusai berolahraga penting untuk meningkatkan produksi protein. Protein diperlukan untuk mengembalikan otot dalam kondisi prima. Disarankan untuk tidur malam minimal tujuh jam setelah berolahraga supaya hasilnya maksimal.

  • Olahraga Ringan

Meski otot butuh istirahat, namun tetap diperlukan olahraga ringan sehari-hari, seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau yoga. Hal ini diperlukan agar sirkulasi darah lancar. Jangan pilih olahraga yang keras karena hanya akan menambah kerusakan otot. Olahraga ringan juga berfungsi untuk menyetor oksigen dan nutrisi yang cukup ke otot sehingga sel otot yang rusak bisa diperbaiki.

  • Mandi Air Hangat

Air hangat dapat meredakan nyeri otot dan memperbaiki sirkulasi darah, sehingga bisa meringankan rasa sakit untuk sementara.

 

Itulah cara-cara untuk meredakan nyeri usai berolahraga. Pada dasarnya, istirahat yang cukup, menjaga tubuh terhidrasi, dan makan makanan bergizi adalah cara paling mudah untuk meredakan nyeri. Untuk makanan bergizi, kamu bisa beli bahannya di Titipku loh. Di aplikasi ini, ada banyak pedagang daging, buah, dan sayur yang siap penuhi gizi dan nutrisi tubuhmu.

Bicara soal daging, Titipku lagi ada diskon daging dan seafood nih hingga Tanggal 9 Februari 2021. Kunjungi toko diskonnya di sini ya!

Yuk download aplikasi Titipku dan belanja kebutuhan harianmu bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan