Aneka Olahan Cabai Jawa yang Jarang Orang Tahu

Cabai memiliki beragam jenis. Di antaranya yang paling populer di pasaran adalah cabai rawit, cabai merah, cabai keriting, dan cabai gendot. Tahukah kamu? Di wilayah Jawa, terdapat cabai jamu yang masih satu kerabat dengan lada dan sirih-sirihan. Cabai jenis ini sering dinamakan Cabai Jawa. Cabai Jawa merupakan tanaman yang biasa hidup di ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan curah hujan rata-rata 1.259-2.500 mm per tahun. Tanaman ini memiliki nama latin Piper retrofractum.

Dari segi rasa, Cabai Jawa tidak jauh berbeda dengan Cabai pada umumnya. Rasanya yang cukup pedas dengan tekstur padat menjadi ciri khas dari tanaman ini. Warnanya hijau ketika masih muda, lalu menjadi oranye agak merah ketika sudah tua dan akan menghitam ketika sudah kering. Cabai yang memiliki daun mirip dengan lada ini cocok untuk dijadikan teman makan alias lalapan. 

Di beberapa wilayah khususnya di Jawa, selain digunakan sebagai jamu untuk mengobati berbagai penyakit seperti masuk angin dan diare, Cabai Jawa juga digunakan sebagai rempah untuk aneka masakan. Berikut olahan makanan dengan menggunakan Cabai Jawa,

 

Terong Balado

Sebagai perasa pedas, Cabai Jawa seringkali digunakan untuk mengolah terong dengan cara dibalado. Cara memasak terong balado ini tidak jauh berbeda dengan terong balado pada umumnya. Cukup dengan diganti saja Cabainya dengan Cabai Jawa. Untuk rasa pedas maksimal, gunakan Cabai yang sudah matang yakni yang sudah berwarna orange kemerahan. 

Baca Juga: Resep Sambal Paru Balado, Cocok Disantap Dengan Nasi Hangat!

Tumis Daun Pepaya

Daun pepaya menjadi olahan yang cukup populer bagi kalangan masyarakat Jawa pada jaman dahulu khususnya di pedesaan. Daun pepaya memiliki rasa pahit segar. Apabila dipadukan dengan Cabai Jawa  menjadi tumis, akan menciptakan cita rasa pedas pahit yang khas. Untuk menumis daun pepaya, bisa menggunakan cabai yang masih muda dipadukan dengan yang sudah tua. Olahan daun pepaya ini juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan.

Sambal Goreng Kentang

Masakan satu ini banyak ditemui di acara hajatan masyarakat Jawa. Walaupun saat ini sambal goreng kentang banyak menggunakan cabai rawit dan cabai merah, namun cita rasa Cabai Jawa tidak kalah lezat dari cabai merah. Sama halnya seperti olahan terong balado, gunakan cabai yang sudah matang atau berwarna kemerahan untuk membuat sambal goreng kentang ini.

*****

Itu tadi olahan Cabai Jawa yang tidak banyak orang tahu. Kamu juga bisa mencoba resep lain dengan bahan-bahan olahan yang bisa kamu dapatkan di Titipku. di Titipku tersedia berbagai macam sayuran, buah-buahan, daging, seafood, dan sembako yang bisa kamu beli untuk dijadikan berbagai hidangan lezat.

Ada kabar baik nih di bulan Maret dari Titipku. Titipku memberikan promo potongan ongkir sepanjang Bulan Maret 2021. Ada tiga kode promo yang bisa digunakan untuk memotong biaya pengiriman. Info lebih lengkap bisa dilihat di Instagram @titipkuofficial atau website Titipku.

Download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan