Pertolongan Pertama Saat Diare Menyerang

Musim hujan rawan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan, apalagi kalau kita sembarangan mengonsumsi makanan. Faktanya, musim hujan menyebabkan cuaca menjadi dingin dan membuat kita menjadi lebih cepat lapar, sehingga kita seringkali tidak mengatur dan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh dan berpotensi menimbulkan diare. 

Jajan di pinggir jalan saat berteduh memang menggiurkan. Namun, tahukah kamu terlalu sering mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan diare? Cuaca dingin membuat sistem pencernaan tubuh bekerja dengan tidak efektif. Artinya, kita akan lebih mudah terkena masalah pencernaan, salah satunya adalah diare. Untungnya, kamu bisa mengatasi penyakit ini di rumah dengan cara-cara berikut ini.

 

Minum Obat Diare

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah, yaitu meminum obat diare. Penanganan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi norit. Norit bekerja dengan menyerap zat-zat beracun yang mungkin menyebabkan sakit perut. Setelah diserap, racun dibuang bersama feses sehingga gejala diare akan hilang perlahan. Setidaknya, kamu memiliki stok obat selama musim hujan seperti ini.

Minum Oralit

Oralit sering dianjurkan untuk mengatasi diare. Sebenarnya, oralit lebih ditujukan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare menyerang. Ketika sakit, cairan tubuh lebih banyak keluar bersama dengan feses. Jika tidak digantikan oleh cairan yang baru, tubuh akan kekurangan cairan sehingga mengakibatkan lemas dan penyakit lainnya. Untuk itu, kamu perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh ketika sedang terkena penyakit ini. Cukup campurkan gula dan garam dengan air hangat. Minum sedikit demi sedikit agar usus dapat menyerap cairan oralit dengan lebih efektif. 

Baca Juga: 6 Jus untuk Diare Berikut Ini Bahannya Gampang Dicari Kok!

Konsumsi BRAT

BRAT merupakan akronim dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Keempat makanan tersebut merupakan makanan hambar dan rendah serat yang sangat baik dikonsumsi ketika diare. Saat sakit, mengonsumsi makanan yang berserat tinggi justru akan memperberat kerja usus. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah serat agar tetap memperoleh energi dengan tidak membebani kerja usus. 

 

Nah, daripada jajan sembarangan lebih baik jajan dan belanja kebutuhan makan di Titipku aja. Sayur dan buah dijamin bersih dan segar untuk menjaga kesehatanmu. Mau di Pasar atau supermarket, semua tersedia di Titipku.

Menyambut Maret 2021, Titipku hadir dengan sejumlah promo baru bertajuk Maret Asik! Kamu bisa simpan gambar di bawah agar tidak ketinggalan promonya atau bisa catat tanggal-tanggal promonya dan pasang pengingat di handphone ya!

Yuk segera unduh Aplikasi Titipku dan belanja #DariRumah. 

Tinggalkan Balasan