Punya Tempe Busuk, Sambel Tumpang Solusinya

Titipku – Di masa pandemi ini, hampir semua orang mempunyai stok makanan, minuman, sembako, hingga belanja sayuran untuk mengurangi frekuensi bepergian dan berdiam #DiRumahAja. Kalau bisa, sekali belanja sayur bisa digunakan untuk tiga hari berikutnya. Ide yang bagus karena tidak perlu terlalu sering ke luar rumah, tetapi biasanya akan ada bahan-bahan tertentu yang tidak terpakai dan akhirnya menumpuk. Jika menumpuk terlalu lama bahkan bisa sampai membusuk dan akhirnya terbuang percuma begitu saja. 

Sumber: fimela.com

Nah, kalau kamu punya banyak tempe busuk yang lupa tidak dimasak atau sisa yang tidak dimasak dari hari sebelum-sebelumnya, tidak perlu dibuang. Kamu bisa mengolahnya menjadi salah satu makanan khas Solo lho! Tidak hanya Nasi Liwet dan  yang jadi makanan khasnya, Solo juga punya Sambal Tumpang yang bahan utamanya terbuat dari tempe busuk. Penasaran, ikuti resep di bawah ini. 

Bahan

  • ½ papan tempe busuk
  • ½ papan tempe yang masih bagus
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5-10 cabai rawit 
  • 2 cabai merah
  • 10 tahu kulit
  • 1 bungkus santan
  • 5 lembar daun jeruk
  • Garam, penyedap, dan gula

Cara Memasak

  1. Potong semua tempe kecil-kecil, rebus bersama dengan cabe dan bawang selama 15 menit. Tiriskan lalu tumbuk sampai halus. 
  2. Masukkan tempe, bawang, dan cabe yang sudah dihaluskan ke dalam panci, tambahkan sedikit air, lalu masak. 
  3. Masukkan santan, daun jeruk, gula pasir, garam, penyedap rasa sesuai selera.
  4. Masukkan tahu kulit ketika sudah mendidih. Kamu dapat menambahkan pete jika kamu suka. Jangan lupa cek rasanya ya!
  5. Sajikan selagi hangat

Karena menggunakan tempe busuk sebagai bahan utama, saat dimasak akan tercium bau menyengat. Untuk sambal tumpang, di situlah ciri khasnya. Semakin baunya menyengat akan terasa semakin nikmat. Tidak usah khawatir karena daun jeruk akan mengurangi bau menyengatnya. Sambal tumpang akan semakin nikmat jika dimakan bersama kerupuk rambak atau rempeyek. 

Saking nikmatnya, ada yang sengaja memang membusukkan tempenya untuk dibuat sambal tumpang. Tidak hanya di Solo, sambal tumpang bahkan menjadi salah satu makanan favorit di beberapa daerah di Jawa Tengah bahkan Jawa Timur. 

#dirumahaja

Kalau kamu belum pernah membuat masakan ini sebelumnya, kamu bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah lewat Titipku lho! Caranya cukup download Titipku dengan klik di sini, lalu gunakan fitur Titip Belanja Apa Saja dan cari bahan-bahan yang kamu butuhkan. Tetap #DiRumahAja dan belanjaan akan diantarkan sampai rumah kamu. Cobain Titipku sekarang yuk!

 

Tinggalkan Balasan