Rahasia Menyimpan Bawang Bombay Agar Awet

bawang, bawang bombay, onion, menyimpan bawang bombay, menyimpan bawang bombay agar awet, menyimpan bawang, tips menyimpan

bawang, bawang bombay, onion, menyimpan bawang bombay, menyimpan bawang bombay agar awet, menyimpan bawang, tips menyimpan

Bawang bombay merupakan salah satu rempah yang krusial untuk beberapa menu masakan. Jika kita memasak hamburger, tak lengkap rasanya jika tidak ada bawang bombay yang dikaramelisasi sebagai salah satu isiannya. Jika kita ingin memasak chinese food, juga membutuhkan bawang bombay. Apa lagi? Salad sayur? Tentu adanya bawang bombay dalam salad sayur akan menambah tekstur dan rasa. Hanya saja, bawang bombay harganya cukup mahal sehingga kita musti tahu cara menyimpan bawang bombay agar awet.

Melansir dari Hellosehat, simak rahasia menyimpan bawang bombay agar awet berikut ini.

 

  1. Simpan di Tempat Sejuk, Kering dan Gelap

Buah atau sayur akan lebih awet bila disimpan di kulkas. Namun, hal ini tidak berlaku untuk bawang bombay. Tempat terbaik untuk menyimpan bawang bombay adalah di tempat yang sejuk, tetapi kering dan gelap, seperti: lemari, ruang bawah tanah, atau garasi. Lokasi dengan kriteria ini dipercaya dapat dengan mudah menyerap kelembapan. Kelembapan adalah salah satu faktor utama bawang bombay cepat busuk.

Bawang bombay lebih baik disimpan pada suhu 7-10 derajat celcius, tepat di atas suhu rata-rata kulkas. Pada suhu tersebut, bawang bombay dapat mempertahankan kesegarannya dengan baik. Bila menyimpan dengan ketentuan tersebut, bawang bombay dapat bertahan hingga 30 hari. Adapun bila Anda hanya menyimpannya di suhu ruangan, bawang bombay bisa bertahan sekitar satu minggu.

  1. Simpan di Tempat Berventilasi

Saat menyimpan bawang bombay, pastikan ada ventilasi pada tempat penyimpanan bawang bombay, seperti keranjang yang terbuka, tas jaring, atau yang lainnya. Itulah mengapa ketika kita membeli bawang bombay di supermarket, bawang bombay akan dikemas dengan wadah berbentuk jaring. Ada baiknya untuk tidak menyimpan bawang bombay di dalam plastik. Plastik tidak memiliki celah untuk udara masuk sehingga bawang bombay akan cepat membusuk.

  1. Jangan Disimpan Bersamaan dengan Kentang

Bawang bombay sebaiknya juga tidak disimpan bersama dengan kentang. Pasalnya, kentang yang disimpan dapat mengeluarkan uap air sehingga menyebabkan tempat sekitarnya lebih lembap. Seperti yang dikatakan di poin pertama, kelembapan dapat mempercepat pembusukan bawang bombay, jadi sangat tidak disarankan bawang bombay disimpan dekat materi yang memproduksi kelembapan.

  1. Jangan Simpan di Kulkas

Berdasarkan ketentuan di poin sebelumnya bawang bombay sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Kulkas memiliki suhu dingin serta memiliki kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, menyimpan bawang bombay di kulkas justru akan mempercepat pembusukannya. Terlebih, bawang bombay yang ditaruh di dalam kulkas dapat membuat seluruh isi kulkas terasa seperti bau bawang.

*****

Ingin belanja bawang bombay segar? Belanja saja di Titipku. Ada promo spesial yang bisa buat belanjaan Anda makin hemat juga. Klik di sini untuk download Titipku. Jangan cuma download ya. Dipakai belanja juga. Hehehe. Selamat berbelanja di Titipku Moms!

Tinggalkan Balasan