Tips Memotong Bawang Tanpa Air Mata Berlinang

memotong bawang, memotong bawang bombay, potong bawang, cutting onion, slicing onion, cutting, slicing, cutting garlic, slicing garlic, zat kimia, air mata, mata perih

memotong bawang, memotong bawang bombay, potong bawang, cutting onion, slicing onion, cutting, slicing, cutting garlic, slicing garlic, zat kimia, air mata, mata perih

Anda gemar memasak? Barangkali Anda seperti saya yang tidak menyukai 2 hal dari kegiatan memasak, yaitu: (1) membersihkan semua peralatan dan dapur usai memasak, dan (2) memotong bawang. Memotong bawang, apapun jenis bawangnya, selalu menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang merepotkan. Bagaimana tidak, bawang akan mengeluarkan zat kimia saat dipotong. Zat ini akan menyebabkan mata perih sehingga membuat kita mengeluarkan air mata.

Padahal, jika Anda tahu trick-nya, aktivitas memotong bawang tidak selalu merepotkan loh. Mengutip dari Bisnis.com, berikut 5 tips memotong bawang tanpa membuat air mata berlinang.

 

  • Mendinginkan Bawang Sebelum Dipotong

Salah satu caranya adalah dengan mendinginkan bawang bombai sebelum digunakan selama sekitar 30 menit di lemari es atau 10 hingga 15 menit di dalam freezer. Bahan kimia dalam bawang yang menyebabkan mata Anda sakit lebih mudah menyebar melalui udara hangat. Mendinginkan bawang sebelum Anda memotongnya dapat membantu mencegah senyawa ini menyerang mata. Hindari meninggalkan bawang bombai di lemari es sepanjang waktu karena akan membuatnya lunak.

  • Rendam dalam Air

Anda juga bisa menghindari efek negatif dari bawang dengan cara memotong ujung bawang dan meletakkannya langsung ke dalam semangkuk air. Air akan mengeluarkan asam, sehingga tidak membuat Anda menangis saat memotong. Namun, dengan metode ini, rasa bawang tidak akan sekuat sebelumnya.

  • Gunakan Pisau Tajam Saat Memotong Bawang

Menggunakan pisau tajam juga dapat mengurangi efek negatif dari memotong bawang loh. Dengan menggunakan pisau tajam, bawang akan terpotong sempurna dan tidak ada bagian yang hancur tertekan benda tumpul. Perusakan pada bawang bisa meningkatkan risiko zat kimia yang menyerang mata keluar.

Anda juga bisa mulai memotong dan membuang sedikit ujung akar. Metode ini akan memungkinkan sebagian besar senyawa belerang berbahaya, yang ditemukan di akar keluar. Selanjutnya, Anda bisa membuang ujung runcing bawang bombay, mengupas kulitnya dan mengirisnya.

  • Potong Bawang di Ruang dengan Ventilasi yang Baik

Membuka jendela di dekat tempat Anda memotong bawang akan membantu menghilangkan zat kimia dalam bawang. Anda juga dapat menggunakan kipas angin atau kipas dapur untuk membuang zat kimia jauh dari mata.

  • Gunakan Kacamata¬†

Menggunakan kacamata akan membuat risiko zat kimia pada bawang menyerang mata lebih kecil. Akan tetapi, tips ini tidak terlalu efektif, mengingat masih ada banyak celah antara kacamata dengan mata kita.

 

*****

Itulah sejumlah tips memotong bawang yang bisa mengurangi risiko mata perih. Ingat bahwa tips-tips di atas tidak 100% menghilangkan efek dari bawang, tetapi setidaknya mampu mengurangi intensitasnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba tips di atas namun kehabisan bawang, bisa langsung belanja #DariRumah pakai Titipku! Tinggal pesan saja aneka bawang yang dibutuhkan, bayar, lalu tunggu Jatiper Titipku mengantarkan pesanan bawang sesuai waktu yang Anda tentukan. Ada diskon hingga Rp150.000 juga di Titipku.

Tertarik? Belanja sekarang pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan