Step Pada Bayi: Pelajari Sebab dan Cara Mengatasinya

step, bayi kejang, bayi demam hingga kejang, mengatasi step pada bayi, mengatasi bayi kejang, mengatasi bayi demam hingga kejang, apakah aman memberi paracetamol pada bayi step

Salah satu hal paling menyedihkan adalah melihat bayi sakit. Bayi memang memiliki kondisi fisik yang masih rentan terkena penyakit, oleh karenanya perlu diberi perlakuan khusus. Salah satu penyakit yang menyerang bayi adalah kejang demam atau step.

Step pada bayi atau bayi kejang adalah kejang yang terjadi saat ada peningkatan suhu tubuh yang disebabkan penyakit di luar jaringan otak. Biasanya, anak bisa mengalami sakit ini jika suhun tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius.

Gejala-gejala dari step antara lain:

  • Kesadaran anak hilang selama kejang, dan kembali sadar setelah kejang selesai.
  • Saat kejang, terasa kaku pada kaki atau tangan. Tangan dan kaki juga cenderung bergerak tidak beraturan.
  • Mata melotot atau berkedip-kedip.

Baca Juga: 4 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Balita yang Sedang Demam

Pertolongan Pertama Pada Anak yang Step

step, bayi kejang, bayi demam hingga kejang, mengatasi step pada bayi, mengatasi bayi kejang, mengatasi bayi demam hingga kejang, apakah aman memberi paracetamol pada bayi step

Jika anak sudah mengalami step, jangan disepelekan! Berikut tips pertolongan pertama untuk anak yang kejang saat demam yang didapat dari Hellosehat.

  • Tetap tenang dan jangan panik.
  • Pindahkan anak ke tempat aman, jauhkan dari barang berbahaya seperti barang pecah belah, benda tajam, atau sumber listrik.
  • Longgarkan pakaian yang ketat, terutama sekitar leher.
  • Ukur suhu anak saat kejang dengan termometer.
  • Amati berapa lama anak mengalami step dan apa yang terjadi saat kejang. Data-data ini penting untuk dikonsultasikan ke dokter. Moms juga bisa memvideo anak saat mengalami gejala guna dipertontonkan ke dokter.
  • Miringkan anak agar makanan atau minuman dalam mulut keluar sehingga tidak tersedak.
  • Hindari memasukkan apapun ke dalam mulut anak.
  • Hindari menahan kaki atau tangan anak dengan paksa saat kejang karena dapat menimbulkan patah tulang.
  • Tetap bersama anak saat kejang.

Baca Juga: Perut Kembung? Atasi dengan Konsumsi Ini

Cara Mencegah Step

step, bayi kejang, bayi demam hingga kejang, mengatasi step pada bayi, mengatasi bayi kejang, mengatasi bayi demam hingga kejang, apakah aman memberi paracetamol pada bayi step

Prinsip pencegahan kejang akibat demam pada anak adalah dengan menurunkan suhu tubuh anak saat mereka demam dengan pemberian obat pereda demam, seperti paracetamol. Jadi jika ditanya apakah aman memberi paracetamol pada bayi step, jawabannya adalah boleh dan aman selama jenisnya disesuaikan kondisi bayi.

Pilihlah obat yang cair (sirup) yang sesuai dan mudah anak-anak konsumsi, tentunya yang mengandung paracetamol. Bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi obat oral, ibu bisa menggunakan obat melalui dubur.

Selain obat, berikan anak kompres hangat pada dahi, lipatan siku, dan ketiak. Tak lupa, berikan anak minum yang banyak untuk menurunkan suhu.

Dan terakhir, bila memang anak Anda sering mengalami step, berkonsultasilah ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

*****

Menjaga dan selalu ada di sisi anak saat step itu wajib. Oleh sebab itu, untuk sementara Moms bisa menitipkan urusan belanja ke aplikasi terpercaya seperti Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja di pasar terdekat yang terpercaya. Kurir Titipku yang bernama Jatiper Titipku siap memproses dan mengantarkan pesanan Moms tepat waktu ke alamat yang tepat.

Yuk download Titipku di Apple Playstore atau Google Playtstore dan rasakan manfaat dan praktisnya belanja lewat Titipku.

Tinggalkan Balasan