Telur Busuk Jangan Dimakan: Kenali Ciri-cirinya

telur, egg, telur busuk, rotten egg, bad egg, ciri-ciri telur busuk, ciri telur busuk, cara mengenal telur busuk, tips mengecek telur busuk

telur, egg, telur busuk, rotten egg, bad egg, ciri-ciri telur busuk, ciri telur busuk, cara mengenal telur busuk, tips mengecek telur busuk

Telur adalah makanan yang mudah diolah dan tidak membutuhkan banyak tambahan untuk membuatnya enak. Oleh karena itu, tidak heran telur menjadi salah satu makanan wajib yang disukai masyarakat Indonesia. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga biasanya menjadikan telur sebagai salah satu makanan favorit. Namun perlu hati-hati ya dalam membeli telur, agar tidak mendapat telur busuk.

Telur busuk tentunya tidak dapat untuk dimakan, bahkan baunya sangat menyengat dan mengganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mengecek kondisi telur sebelum membeli atau sebelum memasaknya.

Nah, agar kamu bisa memilih telur dengan baik, berikut ada 6 ciri-ciri telur busuk yang perlu kamu ketahui:

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Ciri dan Manfaat Telur Omega 3

 

  • Rendam Telur di Dalam Air

Jika kamu membeli telur kiloan yang tidak dituliskan keterangan kadaluarsanya, maka kamu bisa memeriksa apakah telur tersebut segar atau justru busuk dengan cara merendamnya di dalam air.

Saat merendam telur, bisa terjadi tiga kemungkinan yang dapat kamu temukan. Pertama telur tersebut bisa langsung tenggelam ke dasar wadah dengan posisi tidur. Ini menunjukkan bahwa telur ayam masih segar. kedua, kamu bisa menemukan bahwa telur tenggelam namun dengan posisi tegak, ini berarti telur tidak segar, namun masih layak untuk kamu konsumsi. Lalu terakhir, telur yang dimasukkan ke dalam air akan mengambang di permukaan air. Ini artinya telur ayam sudah busuk dan tidak layak untuk dikonsumsi.

  • Cek Tanggal Kedaluwarsa pada Kemasan

Telur ada juga yang dijual dalam kemasan dengan jumlah isi beragam. Nah, biasanya telur yang dikemas dilengkapi dengan informasi kedaluwarsa di luar kemasan tersebut. Jadi kamu bisa dengan cepat membedakan mana telur yang segar dan mana yang sudah busuk. Meski tanggal kedaluwarsa telur tidak selalu tepat, namun hindari untuk membeli telur yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa atau yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya ya.

  • Tes Aroma Telur

Telur segar dan telur busuk juga bisa kamu ketahui dari aromanya. Sebelum kamu mengolahnya, cobalah untuk mencungkil sedikit cangkak telur terlebih dahulu. Lalu apabila kamu mencium aroma menyengat dari telur tersebut, maka kemungkinan telurnya sudah membusuk. Sebab, telur busuk mengeluarkan aroma tidak sedap yang sangat menyengat.

  • Cek Menggunakan Senter

Salah satu cara yang cukup unik untuk membedakan telur yang segar dan telur busuk adalah dengan menggunakan senter. Arahkan senter atau lampu ke telur, dan perhatikan dengan seksama, apakah bagian dalam dari telur tersebut masih terang atau sudah keruh. Jika masih terang, berarti telur itu masih segar, sedangkan keruh artinya telur sudah busuk dan tidak layak lagi untuk kamu konsumsi.

  • Dengarkan Suara Telur

Kamu pasti akan bertanya, bagaimana cara mendengarkan suara telur, sedangkan telur tidak bersuara. Mendengarkan suara telur yang dimaksud adalah dengan mengocok telur terlebih dahulu, lalu dengarkan, apakah telur mengeluarkan suara dari dalam atau tidak.

Telur yang masih segar tidak akan bersuara, sedangkan telur busuk biasanya setelah dikocok akan terdengar suara dari dalam telur tersebut. Suaranya memang tidak terlalu besar, jadi pastikan kamu mendekatkan telur ke telinga ya saat mencoba cara ini.

  • Perhatikan Tekstur serta Warna Putih Telur

Ketika kamu memecahkan sebuah telur, maka perhatikan bagian putihnya terlebih dahulu. Telur yang masih segar memiliki warna serta tekstur yang masih bagus. Jika telur mengalami perubahan tekstur menjadi agak cair namun tidak menunjukkan perubahan warna dan aroma, maka artinya telur masih dapat dikonsumsi, namun sudah tidak dalam keadaan segar. Nah, kalau telurnya sudah busuk, maka akan ada perubahan pada warna serta teksturnya, dan aroma busuknya pun sangat kuat.

Baca Juga: Cara Masak Telur Rebus yang Pas Matangnya

*****

Nah, kini kamu sudah paham kan apa saja ciri-ciri telur yang sudah busuk. Pastikan kamu mengetahui perbedaan telur masih segar dan telur busuk sebelum diolah. Sebab, telur busuk yang dicampur ke bahan makanan lainnya akan membuatnya tidak bisa dimakan, selain itu telur busuk tentu juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika kamu masih ragu untuk menilai tingkat kesegaran telur, serahkan saja urusan belanja telur ke Titipku.

Jatiper Titipku sudah berpengalaman memilihkan telur segar untuk ribuan pelanggan sebelumnya, jadi mereka pasti bisa memilihkan telur terbaik untuk kamu.

Tunggu apa lagi, segera download Titipku di Google Playstore dan Apple Appstore sekarang!

Tinggalkan Balasan