Tips Diet Saat Puasa, Dijamin Ampuh!

Puasa bukan lagi menjadi halangan untuk melakukan diet yang sehat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa dan diet berjalan lancar. Dirangkum melalui Doktersehat.com berikut empat tips menjalani diet saat puasa Ramadhan:

 1. Hindari gorengan

Cara diet yang pertama saat menjalani ibadah puasa yaitu dengan menghindari menu gorengan saat sahur maupun berbuka. Gorengan memiliki banyak lemak, terelabih lagi jenis lemak yang dikandung adalah lemak jenuh. Selain bisa membuat tubuh bertambah gemuk, lemak jenuh memicu kolesterol jahat (LDL) memenuhi tubuh.

Kamu bisa mengganti menu gorengan menjadi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Di samping tak kalah nikmat, makanan-makanan tersebut sudah pasti jauh lebih sehat dan tidak membuat berat badan bertambah.

2. Berbuka dan sahur dengan makanan kaya akan protein dan serat

Sebaliknya, lakukan tips diet saat puasa dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, makanan yang mengandung protein dan serat cenderung membuat perut Anda kenyang lebih lama. Perhatikan juga hal ini jika ingin berbuka dengan yang manis.

Dengan begitu, saat waktu berbuka puasa tiba, Anda tidak ‘kalap’ dengan mengonsumsi hidangan berbuka terlalu banyak yang mana hal tersebut akan membuat program diet Anda jadi gagal.

3. Penuhi asupan air minum

Air putih menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terlebih saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kekurangan asupan air sepanjang hari akibat berpuasa, mengharuskan tubuh untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka guna segera mengganti cairan tubuh yang habis. Idealnya, kamu dapat mengonsumsi air putih sebanyak 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas selepas solat Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

4. Tidak berlebihan saat berbuka

Mungkin ini menjadi godaan tersendiri bagi sebagian orang. Setelah seharian menahan lapar dan haus, Anda tentu merasa kelaparan dan kehausan. Sehingga saat  berbuka kamu bisa melewati batas kekenyangan tubuh, bahkan semua makanan dan minuman yang ada di meja makan disantap semua.

Hati-hati, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani program diet saat puasa. Kalau Anda berpikir makan dan minum banyak saat buka puasa sah-sah saja dan tidak terlalu mengganggu diet, maka hal tersebut sepenuhnya salah.

#dirumahaja

Untuk membeli bahan-bahan pokok sehari-hari, kamu bisa berbelanja online melalui Titipku. Kamu bisa membeli berbagai macam sembako dengan harga yang wajar. Selain itu kelebihan menggunakan aplikasi Titipku, kamu bisa berbelanja tanpa perlu keluar rumah, sehingga kamu bisa menghindari kerumunan.

Dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku, kamu turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak virus korona. Kamu cukup memesan belanjaan kamu lewat Titipku dan akan diantarkan sampai rumah. Tunggu apalagi, unduh Titipku sekarang!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Kamu juga bisa #BerbuatBaik dengan memberikan bantuan 10.000 Paket Sembako kepada pemilik UMKM. Donasi mulai Rp10.000,- silahkan klik link: https://kitabisa.com/titipkulawancorona?utm_source=socialsharing_campaigner_web_b95a8bbf59c20f31043ddcd39d9fe522&utm_medium=share_campaign&utm_campaign=share_detail_campaign

Bersama-sama, kita berjuang melawan korona. Dukung UMKM Indonesia lawan korona!

5 Tips Makan Sahur Agar Tidak Lemas Selama Puasa!

Tinggalkan Balasan