Tips Jitu Cegah Demam Berdarah di Musim Hujan

Curah musim hujan sudah mencapai puncaknya. Hujan deras hampir setiap hari terjadi di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai menyebabkan banjir. Salah satu masalah kesehatan lain yang muncul saat musim hujan adalah demam berdarah. Nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan demam berdarah sangat cepat bertelur dan berkembang biak pada genangan air, terutama di musim hujan yang sedang lebat sekarang ini. 

Demam berdarah sudah seperti penyakit langganan yang terjadi di Indonesia setiap musim hujan. Biasanya, penyemprotan (fogging) untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti dilakukan di lingkungan sekitar, terutama pada genangan air dan juga selokan. Namun, bukan berarti kamu hanya dapat mengandalkan hal tersebut. Kamu juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah demam berdarah. 

 

Gunakan Kelambu

Menggunakan kelambu pada tempat tidur memang terlihat sangat kuno, namun cara tersebut terbukti ampuh untuk menjaga tidurmu agar tidak tergigit nyamuk. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kasa di pintu dan juga jendela rumahmu. Kasa dapat mencegah nyamuk dari luar rumah masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: Opsi Minuman yang Cocok Saat Musim Hujan

Gunakan Kipas atau AC

Menggunakan kipas angin ataupun air conditioner dapat mencegah nyamuk yang terbang untuk mendekati tubuh, berdasarkan beberapa riset. Nyamuk yang membawa virus dengue dapat mendeteksi aroma tubuh sebelum menggigit. Menyalakan kipas angin atau AC dapat menyebarkan bau alami tubuh sehingga membuat nyamuk kebingungan mencari sumber bau yang asli. 

Baca Juga: Menu Camilan Sehat Disaat Musim Hujan Tiba

Gunakan Obat Nyamuk

Menggunakan obat nyamuk juga terbukti dapat mencegah nyamuk untuk menggigit kulit. Terdapat berbagai varian obat nyamuk mulai dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, hingga lotion. Pastikan kamu menggunakan obat nyamuk yang sesuai dengan kondisi tubuhmu, jangan sembarangan menggunakan obat nyamuk karena mengandung beberapa bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

Melakukan 3M

Gerakan 3M sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan setiap musim hujan. 3M dilakukan untuk mencegah penyebaran virus demam berdarah di tengah masyarakat. Gerakan 3M meliputi: (1) membersihkan penampungan air seperti bak mandi, tandon air, atau kolam ikan; (2) menutup wadah pendampungan air, dan; (3) mendaur ulang barang-barang tak terpakai yang berpotensi menyebabkan genangan air agar mencegah nyamuk berkembang biak. 

 

Selain, hal-hal tersebut, kamu juga dapat mengonsumsi banyak vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C bisa diperoleh dari mengonsumsi buah dan sayuran. Belanja kebutuhan buah dan sayur pastinya lewat Aplikasi Titipku aja. Buah dan sayur dibelikan oleh Jatiper dalam keadaan segar lho! Mumpung ada promo HARTIPNAS nih, yuk segera unduh dan belanja lewat Titipku!

Sumber: alodokter

Tinggalkan Balasan