Tips Kamar Tidak Lembab

TitipkuMusim hujan dan cuaca dingin membuat kamar menjadi lembab.  Kamar yang lembab, selain tidak nyaman, juga tidak baik untuk kesehatan. Dinding yang lembab juga akan membuat cat dinding terkelupas dan mengeluarkan bau apek yang khas. Jika terlampau lembab, sangat memungkinkan akan tumbuh lumut atau jamur di dinding. Sangat tidak sehat bukan? Jika kamu memiliki sedikit waktu luang, kamu bisa melakukan tips-tips dibawah.

berikut untuk menjaga agar kamarmu tidak menjadi lembab :

Temukan Sumber Kelembaban

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan ruangan menjadi lembab, seperti AC yang bocor, ruangan yang tidak terkena sinar matahari yang cukup, atau pipa kamar mandi yang bocor. Cara paling mudah dan pertama kali dilakukan adalah menemukan masalah-masalah tersebut lalu membetulkannya. Misalnya, jika kamarmu kekurangan cahaya matahari, sebaiknya kamu membuka tirai jendela dan pintu saat siang hari.

Berikan Ventilasi

Ruangan dan kamar yang lembab bisa juga disebabkan oleh sirkulasi udara yang buruk, apalagi jika tidak memiliki ventilasi. Jika kamarmu atau ruangan dalam rumahmu kekurangan ventilasi, buatlah ventilasi ketika memiliki waktu senggang. Ventilasi memungkinkan adanya sirkulasi dan pertukaran udara terjadi sehingga kamu tidak terus-menerus menghirup udara yang sama. 

Pakai Exhaust Fan

Exhaust Fan berbeda dengan kipas angin biasa. Exhaust Fan umumnya dipasang pada langit-langit kamar mandi. Fungsinya adalah untuk membuang keluar udara panas yang ada di dalam kamar mandi jika kamu mandi menggunakan air panas. Exhaust Fan juga bisa digunakan pada kamarmu bila kamarmu terasa pengap atau lembab. Pastikan exhaust fan mengarah keluar rumah sehingga udara lembab yang dibuang tidak masuk lagi ke dalam rumah.

Gunakan Cat Anti Lembab

Musim hujan membuat dinding luar rumah menjadi basah dan bisa membuat dinding kamar menjadi lembab. Untuk mencegah hal ini, kamu dapat menggunakan cat anti lembab untuk kamarmu. Udara yang lembab akan membuat cat pada dinding terkelupas. Sebaiknya memang dicat ulang saja bukan? Namun kali ini dengan menggunakan cat anti lembab. Kamu bisa mengecat sendiri dan membelinya di toko-toko cat yang sudah ada di aplikasi Titipku.

Menggunakan Produk Penyerap Lembab

Tips yang terakhir adalah menggunakan penyerap lembab untuk ruangan. Penyerap lembab berfungsi untuk menyerap kadar air di dalam ruangan yang dapat menyebabkan ruangan menjadi lembab. Menggunakan penyerap lembab merupakan tips pencegahan terakhir yang bisa kamu lakukan. Utamanya jika kamu sering meninggalkan ruangan dalam kondisi tertutup dalam waktu yang lama. 

#dirumahaja

Kamu dapat dengan mudah menemukan penyerap lembab alami maupun buatan lewat Titipku. Gak perlu repot-repot lagi keluar rumah saat musim hujan hanya untuk menjaga kamar agar tidak lembab. Yuk belanja dari rumah aja lewat Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan