Rambut Rontok? Berikut Tips Merawat Rambut Rontok

Banyak sekali perempuan yang mengeluhkan rambut rontok, terutama para pemilik rambut panjang. Dilansir dari dove.com, sebenarnya rambut manusia pasti akan rontok beberapa helai setiap harinya untuk digantikan dengan pertumbuhan rambut baru. Banyak juga, kok, penelitian yang mengungkapkan kalau sekitar 50—100 helai rambut yang rontok setiap hari merupakan hal yang normal. Jadi, tak perlu terlalu khawatir kalau kerontokan yang kamu alami masih di sekitar angka tersebut.

Namun, apa jadinya kalau rambutmu mengalami kerontokan parah hanya dalam sekali sisir? Apakah ada solusi untuk merawat rambut rontok? Simak informasinya berikut ini, yuk!

Cek Rambut Rontok di Bantalmu

Jika saat menyisir rambut lalu kamu menemukan beberapa helai rambutmu tertinggal pada sisir, itu masih sangat wajar. Tenang saja, nanti akan tumbuh rambut baru, kok. Sebaliknya, kalau kamu merasa mengalami kerontokan yang tidak wajar, coba cek dulu dengan cara satu ini. Periksalah bantal dan tempat tidurmu. Kalau kamu menemukan banyak helaian rambut di bantal dan tempat tidurmu, artinya kerontokan rambutmu sudah berlebihan dan memerlukan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Stop Lakukan Ini untuk Menghindari Rambut Rusak

 

Jangan Ikat Rambutmu, Digulung atau Dijepit Saja

Banyak perempuan lebih senang mengikat rambutnya dari pada menggulung atau menjepitnya. Tahukah kamu kalau mengikat rambut membuatnya jadi lebih mudah patah dan memicu kerontokan lebih parah. Ada baiknya kamu menggulung (dengan tusuk konde) atau menjepit rambutmu daripada mengikat rambutmu kencang-kencang. Lebih baik lagi kalau kamu membiarkan rambutmu tergerai bebas. Biarkan rambutmu bernapas dengan tidak selalu mengikatnya, ya.

Baca Juga: Perawatan Rambut Berketombe, Sederhana tapi Efektif

 

Melakukan Perawatan yang Tepat

Merawat rambut artinya kamu harus siap dan rajin untuk melakukannya terus-menerus. Tidak ada perawatan rambut yang hasilnya instan. Semuanya dilakukan bertahap dan tanpa henti. Nah, untuk merawat rambut rontok, tidak hanya sampo yang kamu perlukan. Kamu juga membutuhkan vitamin atau serum, conditioner, dan masker rambut. Carilah produk sampo yang dikhususkan untuk perawatan rambut rontok. Sebaiknya, kamu tidak keramas setiap hari karena hanya akan meningkatkan kerontokan. Cobalah keramas setiap 2—3 hari sekali kemudian pakailah conditioner setiap selesai keramas. Setelah itu, aplikasikan vitamin atau serum rambut pada rambut saat masih setengah kering.

Untuk masker rambut, pakailah setiap seminggu sekali. Kamu bisa memilih produk masker rambut yang dijual di pasaran atau membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cuci sampai bersih dan biarkan rambutmu kering dengan sendirinya. Hindari dulu rambutmu dari penggunaan hair dryer dan catokan. Tahan juga dirimu untuk tidak mewarnai rambut sampai rambutmu benar-benar sehat dan tidak rontok parah lagi.

 

 

Itu dia tips-tips sederhana untuk merawat rambut rontok. Asal rutin melakukannya, rambutmu pun akan kembali sehat dan berkilau. Kamu juga jadi tidak perlu khawatir jika ingin memanjangkannya. Kalau kamu sedang berjuang melawan kerontokan dan mencari produk perawatan untuk rambutmu, cobalah mampi ke aplikasi Titipku. Sembari mengisi waktu luang, kamu bisa berselancar mencari beragam produk perawatan rambut yang dibutuhkan. Kamu juga bisa memesannya langsung, lho. Menarik, kan? Yuk, download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan