Anti Gagal! Ini Tips untuk Membuat Daging Sapi Empuk

Sudah beli daging sapi di harga mahal, ternyata setelah diolah dagingnya tidak empuk. Teksturnya alot, sulit dikunyah dan ditelan, hingga akhirnya daging tidak dimakan. Sangat disayangkan sekali!

Sapi memiliki banyak jenis dan bagian daging, dari jenis dan bagian daging itu, memiliki tingkat keempukan yang berbeda-beda. Bisa juga kamu memilih daging yang kualitasnya bagus tapi pengolahannya salah sehingga daging keras.

Melansir dari Kompas.com, ada tiga cara untuk membuat tekstur daging sapi empuk. Berikut ulasannya:

 

  • Potong Daging Berlawanan Arah Serat

Agar daging empuk, daging sebaiknya dipotong berlawanan dari arah seratnya. Perlu untuk memperhatikan arah serat daging. Jika sudah ketemu, barulah dipotong berlawanan dengan arah serat. Kemudian waktu dimasak maksimal hanya 45 menit. Lebih dari itu, daging empuk tapi sari daging dan rasa gurih khas daging akan hilang.

  • Marinasi dengan Nanas

Mengempukkan daging dengan cara alami juga bisa dilakukan, yakni dengan cara dimarinasi bersama nanas. Nanas memiliki kadar asam yang tinggi sehingga bisa membuat daging empuk. Caranya, potong nanas kecil-kecil, haluskan, lalu campur dengan daging selama maksimal 30 menit. Setelah dimarinasi, daging siap dimasak.

Baca Juga: Batas Maksimal Menyimpan Daging Sapi dan Ayam

  • Dibungkus dengan Daun Pepaya

Selain nanas, daun pepaya juga mengandung kadar asam yang bisa mengempukkan daging. Caranya, bungkus daging dengan daun pepaya selama satu jam. Cara ini lebih baik daripada metode menusuk-nusuk daging. Metode ini justru mematikan serat dan membuat kualitas daging menurun.

*****

Selain menggunakan ketiga metode di atas, sebenarnya bisa juga mengempukkan daging dengan cara dipresto. Namun, alat presto ini tidak semua punya. Nah, daripada harus meminjam alat presto dari tetangga atau mengeluarkan uang ekstra untuk membeli panci presto, bisa menggunakan tiga metode di atas yang lebih alami dan bahannya mudah ditemukan serta harganya murah.

Nah, karena daging sapi lagi mahal, kamu bisa banget nih belanja daging sapi di Titipku. Kenapa harus Titipku? Karena Titipku ada Diskon 30% tanpa minimal pembelian sampai 14 Maret 2021. Lumayan banget loh ini untuk memotong harga sapi.

Yuk download aplikasi Titipku dan belanja daging sapi pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan