Ubah Rumah Anda Menjadi Studio Yoga dengan Cara Ini

yoga, rumah, studio yoga, studio yoga rumahan

yoga, rumah, studio yoga, studio yoga rumahan

Semenjak adanya pandemi COVID-19, hampir semua kegiatan dilakukan di rumah, bekerja, sekolah, bahkan sampai berolahraga pun juga dilakukan dari rumah. Berolahraga di rumah tidaklah perlu memerlukan banyak alat ataupun gerakan yang rumit. Olahraga yang dapat Bunda lakukan di rumah salah satunya adalah yoga.

Belakangan, yoga mulai banyak diminati baik di kalangan perempuan ataupun pria. Untuk Anda yang masih berpikir bahwa yoga hanyalah olahraga khusus perempuan, ternyata bukan seperti itu lho! Yoga dapat dilakukan oleh semua kalangan, perempuan atau pria, tua maupun muda. Melakukan yoga di rumah tidak butuh banyak tempat maupun usaha. Dengan tips berikut, Bunda bisa mengubah rumah Bunda menjadi studio yoga. 

Tentukan Tempat

Hal yang paling pertama harus dilakukan adalah menentukan tempat untuk yoga. Jangan dulu berpikir tempat yang Anda butuhkan harus luas dan lengang atau spacious. Tempat yang diperlukan untuk yoga pada dasarnya hanyalah seluas matras yoga yang Anda gunakan. 

Mau di mana saja, selama matras yoga yang Anda gunakan dapat diletakkan dengan bebas, tempat tersebut menjadi studio yoga Anda. Hal ini juga sekaligus melatih komitmen dengan diri sendiri bahwa hal-hal di luar matras yoga hanyalah distraksi yang tidak perlu diperhatikan selama Anda melakukan yoga. Ada tumpukan baju atau piring yang belum dicuci? Tetangga yang berisik? Cobalah untuk mengabaikan hal-hal tersebut dan lebih fokus pada apa yang sedang Anda lakukan. 

Gunakan Earbuds

Nah, pasti Anda sudah bisa membedakan headset dan handsfree kan? Earbuds merupakan salah satu jenis handsfree yang sekarang sedang ngetren digunakan. Menggunakan sambungan Bluetooth, Anda tidak perlu repot dengan kabel yang menjuntai lagi. 

Salah satu indra yang paling cepat direspon oleh otak adalah pendengaran. Dengan menggunakan earbuds, Anda dapat memutar playlist untuk menemani Anda melakukan yoga atau mendengarkan instruksi gerakan yoga. Mudah banget kan?

Atur Mood Sebelum Melakukan Yoga

Nah, setelah indra pendengaran disibukkan dengan playlist atau instruksi yoga, Anda harus mengatur indra penglihatan dan juga penciuman agar membantu Anda lebih fokus. Jika Anda melakukan yoga di sebuah ruangan dengan lampu menyala, Anda bisa mematikannya. 

Indra penciuman juga dapat membuat Anda lebih fokus dan rileks. Anda bisa menyalakan lilin aroma terapi untuk membantu Anda lebih rileks. Jika Anda melakukan yoga di tempat terbuka, Anda bisa menggunakan essential oil yang dioleskan pada kulit Anda. 

Gunakan Alat Yoga Sendiri

Salah satu keuntungan melakukan yoga di studio umum adalah mudahnya akses untuk menggunakan properti yoga. Namun, tidak usah berkecil hati, Anda tetap bisa menggunakan alat-alat di sekitar Anda sebagai properti yoga lho! Anda bisa menggunakan handuk kecil untuk menutup mata ketika melakukan gerakan berbaring atau menggunakan ikat pinggang atau scarf untuk strap yoga. Tidak perlu mewah-mewah kok!

Banyak Layanan dan Aplikasi Yoga

Melakukan yoga di studio umum memang banyak keuntungannya, salah satunya adalah dipandu langsung oleh instruktur sehingga resiko cedera pun semakin kecil. Tapi, dengan majunya era teknologi, Anda bisa menggunakan layanan daring maupun aplikasi untuk melakukan yoga, baik itu dari situs tertentu maupun aplikasi. Mudah banget kok sekarang. 

 

*****

Tubuh yang sehat dan bertenaga tidak hanya didapat dari berolahraga saja tetapi juga dari asupan nutrisi setiap harinya. Belanja sayuran dan buah segar kini jadi lebih mudah lewat Titipku. Kurir Jatiper sudah berpengalaman banget untuk memilihkan buah dan sayur segar untuk Anda. Penasaran? Segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku!

 

Tinggalkan Balasan