Yuk, Kreasikan Kembali Jurnal Lamamu!

Titipku – Kalau kamu tipe seseorang yang gemar menulis catatan pada jurnal atau diari setiap hari, kamu pasti memiliki banyak buku jurnal atau diari yang sudah tidak terpakai. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan kembali dengan mengombinasikannya dengan koran atau majalah bekas. Nah, coba cari barang-barang yang sudah lama tertumpuk tersebut di gudang rumah. Jika mulai bosan dirumah, sembari membereskan rumah, kamu juga bisa menata sekaligus menyeleksi kembali dokumen-dokumen dan berbagai majalah lawasmu itu. Yuk, intip beberapa cara di bawah ini untuk kembali mengkreasikan jurnal lamamu!

Jadikan sebagai Album Foto

Kamu pasti punya koleksi foto di laptop atau smartphone, kan? Pilihlah beberapa foto terbaik yang paling dikenang untuk dicetak. Kamu bisa mencetak foto-foto tersebut dengan menambahkan editan sebelumnya, seperti menjadikannya berwarna hitam putih maupun sephia. Foto-foto itu juga bisa dicetak dalam berbagai ukuran. Jangan lupa untuk memilih kertas foto yang tebal dan pastikan tinta printer-mu tidak kehabisan warna, ya.

Sumber: Unggahan Instagram @adventure_in_paper

Karena jurnalmu sudah penuh coretan, coba tutupi lembar demi lembar buku jurnalmu dengan koran bekas atau kertas kado yang sudah digunting menyesuaikan ukuran. Tempel foto-foto yang sudah kamu cetak di atasnya dengan lem perekat. Kamu bisa menggunting foto sesuai keinginanmu atau menambahkan tempelan sticker dengan warna yang menarik agar jurnal foto kreasimu jadi lebih keren.

Baca juga: 3 Kegiatan Saat #dirumahaja 

Buat Menjadi Buku Motivasi

Seperti cara sebelumnya, kamu memerlukan kertas kado ataupun kertas koran bekas sebagai latarnya. Namun, kali ini berilah sentuhan kreasi abstrak pada lembaran jurnal dengan menempelkan kertas-kertas yang sudah dipotong secara sembarang. Kalau kamu punya gunting dengan sisi pisau keriting akan lebih menarik lagi karena membuat potongan kertas dengan pola yang unik.

Sumber: Unggahan Instagram @journalbean

Kreativitasmu sangat diuji dalam kegiatan satu ini. Beranilah mengombinasikan warna dan motif kertas. Kamu juga bisa menggunting beberapa bagian dari majalah seperti kalimat judul ataupun ilustrasi untuk ikut ditempelkan pada jurnal motivasimu. Nah, jika ingin membubuhi tulisan motivasi, cobalah tempelkan kertas dengan latar yang polos sebagai media tulismu. Pakai spidol atau pulpen dengan ketebalan tinta yang berbeda. Kalau kamu pandai melukis, bisa juga menambah sentuhan lukisan tanganmu pada jurnal motivasi ini.

Kegiatan mereproduksi ulang jurnal lama jadi baru ini cukup dilakukan dengan memanfaatkan alat tulismu sendiri di rumah. Kalau kamu tertarik memiliki gunting, tenang saja, kamu bisa mencarinya dari telepon pintarmu. Ini dia beberapa UMKM yang menjual gunting:

  1. Toko Seven https://titipku.page.link/6qoK 
  2. Toko Alat Tulis Dan Kertas Mitra Abadi https://titipku.page.link/Xi5p
  3. Toko Buku Asmo John https://titipku.page.link/fNg5
  4. Toko L.Rais https://titipku.page.link/iF7o
  5. Mamaart https://titipku.page.link/D9HC
  6. Lapak Serba Lima Ribu Mba Ani https://titipku.page.link/Upa2
  7. Toko Yudha https://titipku.page.link/xhxT

Jika kamu belum mengunduh  Aplikasi Titipku, silahkan untuh dahulu dan buatlah akunmu di aplikasi. Ada banyak alat tulis maupun alat lukis yang dijual para pegiat UMKM yang bisa kamu pesan secara daring #DariRumah di Titipku. Bagaimana, tertarik berbelanja di Titipku? Segera download Aplikasi Titipku di Play Store!

Tinggalkan Balasan