Alergi Udang Kambuh? Atasi dengan Obat Ini

udang, shrimp, prawn, alergi udang, allergic, obat alergi udang

udang, shrimp, prawn, alergi udang, allergic, obat alergi udang

Apa ketakutan yang paling sering menimpa penderita alergi makanan? Ya, banyak penderita alergi makanan yang alerginya kambuh karena tidak sengaja makan makanan olahan yang mengandung bahan yang membuat mereka alergi. Misalnya saja penderita alergi udang yang kambuh karena memakan gorengan atau mie yang mengandung udang di dalam adonan atau kuah kaldunya. Kalau sudah seperti ini, tentu harus ada penanganan segera.

Melansir dari Alodokter, berikut tiga jenis obat alergi udang yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama saat kambuh.

 

  1. Antihistamin

Antihistamin berfungsi untuk menurunkan kadar histamin yang dihasilkan oleh sistem imunitas tubuh akibat alergi udang. Obat ini biasanya digunakan untuk menangani kasus alergi udang ringan hingga berat. Obat ini bisa diperoleh secara bebas atau sesuai resep dokter. Untuk menangani alergi ringan, Anda bisa menggunakan obat alergi yang dijual bebas. Namun, jika gejala alergi yang muncul cukup parah atau sering kambuh, Anda perlu mengonsumsi obat antihistamin sesuai resep dokter, misalnya cetirizine, loratadine, dan fexofenadine.

  1. Kortikosteroid

Kortikosteroid umumnya digunakan untuk mengatasi reaksi peradangan yang parah. Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara bebas dan hanya boleh dipakai sesuai resep dokter. Jika dikonsumsi sembarangan atau tidak sesuai dosis, kortikosteroid bisa berisiko menimbulkan berbagai efek samping, seperti kerusakan ginjal dan hati, sindrom Cushing, hingga melemahnya imunitas tubuh.

  1. Epinefrin

Epinefrin atau adrenalin merupakan obat suntik untuk mengatasi reaksi alergi udang yang berat. Obat alergi ini hanya digunakan pada kasus alergi udang yang menimbulkan syok anafilaktik. Setelah mendapatkan obat ini, penderita alergi biasanya akan dipantau selama beberapa jam di rumah sakit atau klinik hingga gejala alergi membaik sepenuhnya.

*****

Meski sudah mengenal obat-obat di atas, perlunya kita sebagai penderita alergi makanan perlu lebih berhati-hati ya terhadap apa yang kita konsumsi. Biasakan untuk menghindari makanan yang buat alergi dan selalu membaca kandungan dalam tiap makanan olahan.

Bagi Anda yang tidak punya alergi udang, Anda tetap bisa merasakan sensasi gatal loh jika udang tidak dibersihkan dengan baik. Oleh sebab itu, jika belanja udang dari rumah, perlu memilih platform terpercaya yang bisa memilihkan udang yang bersih. Titipku salah satunya. Jatiper Titipku sudah berpengalaman dalam memilihkan produk yang dibelanjakan, jadi jangan khawatir jika memesan udang lewat Titipku. Ada promo menarik loh sepanjang November 2021 ini. Yuk download Titipku sekarang.

Tinggalkan Balasan