Ternyata ini Manfaat Toge!

Titipku – Toge atau kecambah sering ditumis untuk bisa dijadikan sebagai teman makan nasi. Selain itu, toge juga sering ada pada soto, sop, bakso, tahu isi, bakwan, dan sebagainya. Rasanya mungkin sedikit ada sensasi mentah karena hambar, tapi justru itulah yang menjadi ciri khas toge.

Tak hanya sebagai makanan saja, toge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikarenakan toge kaya akan nutrisi baik dan zar besi. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut:

Meningkatkan metabolisme

Toge kaya akan enzim yang biasanya tidak tersedia dalam makanan. Nah, masuknya enzim dari toge ke dalam tubuh ini memiliki dampak positif bagi metabolisme tubuh. Toge juga mengandung banyak protein yang marupakan bagian penting dari makanan.

Protein diperlukan untuk hampir seluruh proses tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, pertumbuhan tulang, regenerasi kulit, perkembangan otot, dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa toge termasuk ke dalam makanan sehat yang bisa meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan untuk perkembangan tubuh. Toge juga bisa mengganti kandungan protein seperti yang ada dalam daging.

Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan, toge mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkat berbagai reaksi kimia dalam tubuh, khususnya pencernaan. Mnegingat enzim merupakan bagian penting dari proses pencernaan. 

Selain itu, toge mengandung serat-serat yang penting untuk pencernaan. Serat dalam toge akan membantu mengangkat kotoran, sehinga lebih mudah untuk makanan terproses dalam pencernaan. Selanjutnya, serat tersebut akan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien. Toge juga bagus untuk menghilangkan diare dan sembelit.

Bermanfaat untuk kesuburan

Sudah bukan hal yang aisng, jika toge dipercaya bermanfaat untuk kesuburan pria dan wanita. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka toge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, terutama vitamin E-alfa dapat membantu kesuburan pada pria.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan rutin dikonsumsi, maka vitamin E dari toge dapat menjaga sel-sel telur atau mungkin sel sperma dari berbagai kerusakan atau serangan radikal bebas.

Selain itu, toge dapat meningkatkan aliran darah untuk menghindari dan menetralkan faktor penyebab penyakit. Sering mengonsumsi kecambah, dapat mengindarkan para wanita dari masalah menstruasi dan gangguan dari panas yang dirasakan saat masa pra-menopause.

Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia

Menyambung dari pernyataan bahwa toge dapat meningkatkan aliran darah, hal ini dapat merambah pada pemulihan anemia. Nah, anemia adalah istilah teknis untuk kekurangan zat besi. Jika kekurangan zat besi, maka jumlah sel darah merah akan menurun. Mengingat zat besi adalah bagian penting dalam produksi sel darah merah.

Anemia dapat mengakibatkan kelelahan, mual, kurang konsentrasi, pusing, dan gangguan pada perut. Dengan sering mengonsumsi toge, dapat meningkatkan zat besi untuk tubuh sehingga dapat menstabilkan produksi sel darah merah.

Dengan jumlah sel darah merah yang tepat, maka sirkulasi darah akan meningkatkan sirkuliasi darah dalam tubuh. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

Meningkatkan sistem imun

Toge ternyata juga mengansung vitamin C yang bisa menjadi stimulan baik untuk sel darah putih dalam tubuh, sehingga dapat melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kandungan vitamin A dalam toge dapat berkembang 10 kali seiring dengan berkembangnya toge. Vitamin A ini, memiliki sifat antioksidan yang merupakan sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Menyehatkan dan menumbuhkan rambut

Kandungan vitamin C dalam toge, juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin C dapat mengancurkan radikal bebas dalam tubuh yang selama ini menyebabkan rambut tipis, lemah, dna rapuh. Tak hanya itu, toge dapat mencegah berbagai gangguan pada rambut. Toge mengandung Selenium yang juga dapat membantu membunuh jamur penyebeb kulit kering, membantu menghilangkan ketombe, dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Maka dari itu, toge dapat membantu mengurangi gatal di kepala akibat jamur. 

Konsumsi toge yang teratur, dapat membuat rambut lebih elastis dan berkilau. DIkarenakan toge mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menutrisi folikel rambut. Dampak panjangnya, toge dapat mencegah rambut kuram dan tak bernyawa.

#DIRUMAHAJA

Tanpa disangka ternyata toge memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk meningkatkan kesuburan terhadap pria dan wanita. Meski rasanya hambar, toge pun bermanfaat untuk meningkatkan system imun. Cocok pada keadaan sekarang dimana kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh agak lebih kebal terhadap penyebaran COVID-19.

Selain menjaga kebersihan dan sebisa mungkin untuk #DiRumahAja, dengan mengonsumsi makanan sehat dapat menghindarkan tubuh dari berbagai virus dan penyakit. Bahan makanan, tak terkecuali toge, sangat mudah ditemui di pasar maupun warung-warung kecil.

Dengan aplikasi Titipku, kamu bisa belanja toge dan kebutuhan lainnya yang dijual oleh warung-warung kecil, lho. Bahkan lokasi warung tujuannmu bisa kamu pilih yang dekat dengan tempat tinggalmu. Ayo belanja di Titipku!

Cek dibawah ini ya beberapa UMKM penjual toge:

  1. Pasar Hybrida Tahu Alex https://titipku.page.link/jnA2 
  2. Sayuran Bu Tum https://titipku.page.link/fyku
  3. Tukang Sayur Bu Saminah https://titipku.page.link/iBux 
  4. Lapak Tahu Tempe Alim Cah Pekalongan https://titipku.page.link/x4pm
  5. Kios Sayur Pak Sutrisno https://titipku.page.link/NJcw

Dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku, kamu turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak virus korona. Kamu cukup memesan belanjaan kamu lewat Titipku dan akan diantarkan sampai rumah. Tunggu apalagi, unduh Titipku sekarang!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Rewrite: hellosehat.com

 

Tinggalkan Balasan