Ada 6 Jenis Cokelat yang Perlu Kamu Ketahui

Memberikan cokelat di saat Valentine untuk orang tercinta memanglah romantis. Tapi, apa jadinya bila kamu salah membeli cokelat? Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis cokelat yang sebaiknya tidak untuk dimakan langsung, seperti cokelat masak. Cokelat yang bisa langsung dimakan pun ada banyak macamnya. Lalu apa saja jenis-jenis cokelat itu? Berdasarkan artikel dari idntimes.com, yuk simak 6 jenis cokelat yang perlu kamu ketahui.

 

  • Unsweetened Chocolate
Unsweetened Chocolate

Unsweetened chocolate merupakan cokelat yang dibuat dari 100% kakao. Cokelat ini bisa dipadatkan dengan bantuan lemak kakao. Rasa yang keluar dari cokelat ini adalah pahit karena tidak ada campuran gula atau susu sedikitpun. Biasanya, jenis cokelat ini digunakan sebagai pelengkap pada hidangan penutup yang dipanggang.

  • Cocoa Powder
Cocoa Powder

Cocoa Powder atau tepung cokelat juga dibuat dari 100% kakao. Bedanya dengan unsweetened chocolate adalah jenis cokelat ini tidak mengandung lemak kakao di dalamnya. Tepung cokelat ini digunakan dalam campuran hidangan penutup dan minuman cokelat panas.

  • Dark Chocolate
Dark Chocolate

Dark Chocolate terdiri dari 70% kakao dan 30% sisanya antara gula dan susu. Meski warnanya cokelat pekat, rasanya tidak sepahit dua jenis cokelat sebelumnya. Karakter rasanya memanglah pahit, tetapi tidak terlalu pahit. Kandungan gula dan susu yang sedikit dalam cokelat ini pun membuat kita tidak eneg jika memakannya dalam porsi yang cukup banyak.

  • Semi-Sweet Chocolate
Semi-Sweet Chocolate

Semi-Sweet-Chocolate mengandung 60% kakao dan 40% gula. Cokelat ini paling fleksibel, karena nikmat jika dimakan langsung, diolah kembali menjadi campuran hidangan penutup, atau bahkan menjadi hiasan kue.

  • Milk Chocolate

Cokelat ini memiliki sedikit kandungan kakao, yakni sekitar 10% hingga 40% saja. Campuran sisanya adalah gula dan susu. Terkadang, cokelat susu juga dicampur vanilla untuk menambah rasa dan lesitin untuk melembutkan teksturnya sehingga lebih creamy.

  • White Chocolate

Jenis terakhir cokelat ini ternyata tidak memiliki kandungan kokoa sama sekali loh! Jenis cokelat ini terbuat dari lemak kokoa, gula, dan perasa saja.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis cokelat yang ada? Jadi besok saat Valentine usahakan untuk tidak salah membeli unsweetened chocolate ya. Kasihan pasanganmu jika nanti dimakan langsung olehnya. Ada baiknya untuk membelikannya dark chocolate, semi-sweet chocolate, milk chocolate, atau white chocolate.

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Hari Kasih Sayang

Kalau masih bingung, kamu bisa belanja di Diamond Supermarket saja secara online di Titipku. Selain ada diskon harga spesial Valentine, produk cokelat yang dipromo juga merupakan cokelat yang bisa langsung dimakan. Jadi, tidak akan salah membelikan. Yuk segera unduh aplikasi Titipku dan mulai mencari pilihan cokelat yang akan kamu beli dan berikan ke pasangan.

Tinggalkan Balasan