Atasi Pusing dengan Cara Alami Berikut Ini

Masa pandemi mengharuskan kita lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk bekerja. Bekerja dari rumah artinya menghabiskan banyak waktu di depan layar, baik itu komputer, laptop, maupun smartphone. Biasanya, masalah yang sering muncul adalah kepala pening akibat terlalu lama menatap layar. Mata yang lelah akibat terkena radiasi layar yang kita tatap membuat kepala menjadi pusing. 

Hal ini tentu bisa diatasi dengan meminum obat. Tapi, kamu tidak ingin terus menerus meminum obat setiap kali merasa pusing kan? Minum terlalu banyak obat akan memperberat kinerja ginjal, dan bisa mengarah pada penyakit internal lainnya. Untuk itu, kamu bisa mengatasi pusing dengan cara-cara alami berikut ini. 

Perbanyak Minum Air Putih

Percaya atau tidak, terlalu lama menatap layar komputer atau laptop dapat menyebabkan kita dehidrasi. Radiasi dan panas yang dikeluarkan oleh barang elektronik tersebut, meskipun sedikit dan kecil, lama kelamaan akan membuat tubuh kita kekurangan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. 

Jika kamu banyak menggunakan komputer, usahakan untuk selalu menyediakan air putih di meja kerjamu. Minumlah setiap 15-30 menit sekali untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cara lainnya adalah dengan memakan buah yang kaya akan air seperti semangka dan melon. 

Tidur yang Cukup

Bekerja dari rumah di masa sekarang ini biasanya membuat jam kerja menjadi tidak teratur karena bisa dikerjakan kapan saja. Akibatnya, jam tidur pun terganggu jika tidak mampu mengatur waktu untuk bekerja. Jam tidur yang tidak teratur dapat menimbulkan sakit kepala di keesokan harinya, atau dalam jangka yang panjang. 

Meski begitu, terlalu banyak tidur juga dapat mengakibatkan sakit kepala yang sama. Mengatur jam tidur yang cukup adalah kunci hidup sehat. Setidaknya, kamu perlu 7-9 jam tidur setiap malamnya. 

Gunakan Essential Oil

Kegunaan essential oil sudah sangat dikenal, mulai dari pengharum ruangan, hingga terapeutik. Essential oil juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri sakit kepala. Essential Oil peppermint dan lavender dapat mengurangi migrain dan sakit kepala ketika dihirup. Akan lebih efektif jika kamu mempunyai diffuser. Essential Oil tidak untuk ditelan ya! 

Kompres dengan Air Dingin

Untuk menghindari mengonsumsi obat, kamu bisa mengompres area leher dan kepala menggunakan air dingin atau es batu untuk meredakan nyeri sakit kepala lho. Kompres dingin dapat mengurangi inflamasi, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah yang akhirnya dapat mengurangi sakit kepala. Kamu juga bisa mengompres dahi jika kepala terasa sangat pening. 

 

Di luar tips di atas, kamu juga perlu melakukan usaha preventif agar kepala tidak pusing. Misalnya, untuk mengurangi sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar, usahakan batasi penggunaan komputer setiap harinya. Misalnya saja, kamu bisa menerapkan 30 menit menatap layar lalu 5-10 menit beristirahat agar mata tidak cepat lelah. 

Selagi beristirahat, enaknya sekalian belanja jajanan favorit nih untuk menemani kerja dari rumah. Titipku menyediakan jajanan yang didiskon untuk menemani kerjamu lho! Bulan Februari ini ada promo #AsikJajan yang menghadirkan Diskon 10% untuk produk Cakwe dan Chi Cong Fan di Pasar Mandiri Kelapa Gading. Ada potongan ongkir juga loh yang bisa buat harga antar tidak mahal.

Tertarik? Unduh Aplikasi Titipku dan mulai belanja sekarang. 

Tinggalkan Balasan