Cara Membersihkan Kerang dari Pasir yang Menempel

Proses membersihkan bahan makanan memang menjadi proses yang wajib dilakukan sebelum bahan-bahan tersebut diolah. Hal ini dilakukan agar segala kotoran yang menempel bisa terbuang, sehingga ketika kita memakannya nanti, kita tidak terpapar bakteri yang menyebabkan sakit. Namun, apa jadinya jika membersihkan kerang yang bercangkang sangat keras?

Seringkali kerang menyimpan banyak pasir di dalam cangkangnya. Jika kita tidak pandai membersihkannya, kita akan bertemu banyak pasir saat membuka kerang.

Maka dari itu, yuk ikuti tips membersihkan kerang dari pasir.

 

  • Pilih Kerang yang Tak Retak Cangkangnya

Pastikan kerang yang kamu beli adalah kerang bagus yang mengandung sedikit pasir. Pilih kerang yang cangkangnya masih utuh dan tidak retak, serta masih hidup. Jika kerang sudah retak, maka banyak pasir masuk ke dalam cangkang. Jika kerang sudah mati, artinya sudah tidak segar lagi.

Pertama, bilas kerang dengan air untuk menghilangkan kotoran pada cangkangnya. Ketuk cangkang kerang dan lihat reaksinya. Jika cangkang menutup tandanya kerang bagus, sebaliknya jika tidak bereaksi tandanya kerang tidak bagus.

Baca Juga: Tips Membersihkan Peralatan Masak dari Kayu

  • Rendam dengan Air + Tepung Jagung/Lada

Masukkan kerang ke dalam mangkuk dan isi dengan air dan tepung jagung atau lada. Biarkan kerang terendam selama 20 menit hingga satu jam. Penambahan tepung jagung atau lada hitam ke dalam air dilakukan untuk mendorong kerang mengeluarkan pasirnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Keracunan! Ini Cara Membersihkan Kepiting

  • Saring Kerang dengan Tangan

Setelah menggosok dan mencuci cangkang kerang, angkat kerang dari air bilasan menggunakan tangan. Jangan angkat kerang dengan sendok atau sesuatu yang berdasar padat ya. Ini bertujuan agar endapan pasir yang ada di air tidak ikut terbawa saat diangkat. Setelah bersih, kerang siap dimasak.

Baca Juga: Lima Tips Untuk Membersihkan Cumi-Cumi

  • Rebus untuk Endapkan Pasir

Cara lain untuk menghilangkan pasir kerang adalah dengan merebus kerang. Saat direbus, pasir akan mengendap di dasar panci. Jika pasir sudah mengendap, angkat kerang tanpa mengaduk air rebusan agar pasir tidak kembali tercampur di kerang.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Udang yang Benar

*****

Ternyata tidak terlalu sulit ya untuk membersihkan kerang dari pasir. Yuk dicoba! Kamu bisa membeli kerang di Titipku loh. Di aplikasi ini, banyak pedagang seafood yang menjual aneka kerang. Mulai dari kerang dara atau kerang hijau, semua ada! Jangan lupa pakai promo Diskon 30%nya ya supaya lebih hemat. Caranya: Masukkan Kode Promo “ASIK30” saat hendak checkout.

Download dan belanja di Titipku sekarang!

Sumber: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/19/204000575/4-cara-bersihkan-kerang-dari-pasir-perhatikan-sebelum-masak?page=all

Tinggalkan Balasan