Timun Rebus Penuh Manfaat

Titipku – Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang tergolong mudah ditemukan di pasar dan dijual dengan harga murah. Beberapa jenis masakan kerap menambahkan timun sebagai bahan sayuran di dalamnya. Timun paling sering dikonsumsi secara mentah sebagai lalapan bersama sayuran hijau lainnya, seperti kol, kacang panjang, leunca, dan terong bulat.

Namun, jika timun dikonsumsi dengan cara merebusnya terlebih dahulu, ini akan sangat berguna untuk kesehatan, lho! Simak ulasan berikut ini, yuk!

Belum banyak masyarakat yang tahu bahwa timun rebus memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Pertama, timun rebus dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Dilansir dari fimela.com, sebenarnya proses detoksifikasi tubuh dapat terjadi secara alami. Akan tetapi, timun rebus menjadikan proses detoksifikasi menjadi semakin lancar. Dengan begitu, sistem pencernaan tubuh juga mampu menjalankan tugasnya secara maksimal.

Manfaat lain dari mengonsumsi timun rebus ialah mengurangi resiko kanker. Timun mengandung beberapa senyawa yang mampu mencegah radikal bebas yang merusak sel tubuh, yakni pinoresinol, lariciresinol, dan secoilaricisenol. Kandungan senyawa tersebut juga membantu meningkatkan produksi sel imun dalam tubuh.

Satu lagi manfaat timun rebus, yaitu membantu menurunkan tekanan darah.  Dikutip dari klikdokter.com, dr. M. Dejandra Rasnaya memaparkan bahwa sudah banyak penelitian terkait khasiat timun bagi penderita hipertensi. Memang tidak bisa dirasakan langsung, manfaat timun rebus bagi penderita hipertensi baru akan terasa setelah mengonsumsinya selama 1—2 minggu.

Cara Memasak

Cara memasak timun rebus sangatlah sederhana. Sebaiknya, pilihlah timun yang berukuran kecil karena memudahkan untuk proses rebus di dalam panci. Cuci bersih timun tersebut kemudian masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Proses perebusan timun ini memakan waktu sedikit lebih lama. Perhatikan sampai timun berwarna hijau kecokelatan. Jika sudah berwarna demikian, angkat dan tiriskan. Tambahkan sedikit garam sebagai penyedap rasa.

#dirumahaja

Timun banyak dijual di pasaran. Namun, tahukah kamu jika aplikasi Titipku mempunyai fitur Titip Belanja Apa Saja sebagai dukungan terhadap para pegiat UMKM, termasuk pedagang sayuran. Tak perlu khawatir, selain timun, kamu juga bisa memesan beragam kebutuhan rumahan lainnya, kok.

Caranya mudah, kamu tinggal mengunduh aplikasi Titipku melalui telepon pintarmu kemudian pilih produk yang dibutuhkan. Jangan lupa sertakan alamat agar kurir bisa mengantar pesananmu sampai di depan rumah. Mudah, bukan? Makanya, yuk dukung para pedagang sayur dan pegiat UMKM lainnya dengan berbelanja di Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan