Risiko Mengonsumsi Susu Terlalu Banyak

susu, milk, mengonsumsi susu, drinking milk, minum susu, mengonsumsi susu terlalu banyak, risiko mengonsumsi susu terlalu banyak, risiko mengonsumsi susu

 

susu, milk, mengonsumsi susu, drinking milk, minum susu, mengonsumsi susu terlalu banyak, risiko mengonsumsi susu terlalu banyak, risiko mengonsumsi susuBicara soal susu, memang ini salah satu bahan pangan yang menyehatkan. Susu merupakan salah satu minuman sehat yang kaya dengan kalsium, mineral, vitamin B12, vitamin D, lemak baik, potassium, dan bahkan fosfor. Itulah kenapa anak-anak dan orang dewasa sangat disarankan untuk mengonsumsi susu.

Akan tetapi, mengonsumsi susu terlalu banyak dalam kurun waktu satu hari juga bisa meningkatkan risiko penyakit loh Moms. Melansir dari Merdeka, yuk simak beberapa risiko mengonsumsi susu terlalu banyak:

 

Sering Mengalami Masalah Pencernaan

Konsumsi susu bisa membuat Anda merasa kenyang. Walau begitu, ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak susu, Anda bisa melngalami kembung serta mual. Jika hal ini sering terjadi, hal ini bisa jadi tanda masalah usus atau intoleransi terhadap usus. Ketika Anda intoleran terhadap susu atau mengonsumsinya terlalu banyak, hal ini bisa mengganggu pencernaan serta melepaskan enzim dalam jumlah terlalu tinggi di aliran darah dan berujung masalah dalam tubuh.

Rasa Lelah

Sindrom usus bocor terjadi karena tubuh tidak bisa menyesuaikan diri dengan susu. Terjadinya kondisi ini bisa menyebabkan rasa lelah kronis yang muncul.

Kulit Berjerawat

Konsumsi susu secara berlebih bisa menyebabkan alergi dan jerawat di wajah serta bagian lain kulit. Ketika titik merah jerawat dan ruam kerap muncul di wajah, maka penting untuk mengecek jenis makanan. Kandungan pada susu diketahui bisa meningkatkan munculnya masalah kulit berupa jerawat. Kondisi ini disebut lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Nah, kalau sudah dapat gejala ini, mulai kurangi konsumsi susu ya.

Tulang yang Rapuh

Selama ini, susu dianggap sebagai minuman sehat yang sangat baik bagi tulang. Walau begitu, konsumsi secara berlebihan ternyata bisa berdampak buruk pada tulang. Penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak susu bisa membuat tulang rapuh dan kepadatannya menurun.

Kabut Otak dan Masalah Ingatan

Konsumsi susu yang terlalu tinggi bisa ditandai juga dengan munculnya kabut otak. Hal ini bisa menyebabkan masalah ingatan, hilangnya fokus, serta menurunnya konsentrasi. Kandungan kasein pada susu bisa menipu sejumlah reseptor di otak dan mengeluarkan sinyal yang salah. Hal ini tentu sangat rawan dialami terutama seiring bertambahnya usia. Kalau Anda ingin daya ingat dapat terjaga dengan baik, alangkah baiknya untuk menjaga asupan susu ya.

Mengalami Gejala Serangan Jantung

Sebuah penelitian kecil mengungkap bahwa seseorang pria yang mengonsumsi susu lebih dari tiga gelas sehari berisiko mengalami peningkatan komplikasi jantung. Sementara Pada wanita, hal ini berdampak meningkatnya kanker jenis tertentu. Pada mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit bawaan, konsumsi susu berlebih ini bisa berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsinya dalam jumlah aman.

*****

Itulah beberapa risiko yang dihadapi saat mengonsumsi susu terlalu banyak. Selama konsumsi dalam batas wajar, maka susu juga akan aman dan bermanfaat bagi kesehatan kok. Jadi, nggak ada salahnya belanja dan memasok susu untuk kebutuhan rumah. Jika ingin belanja susu, belanja di Titipku aja. Jika Anda belanja susu di Pasar Modern Bintaro pakai Titipku, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan daging ayam 500 gram gratis loh!. Klik di sini untuk mulai belanja bersama Titipku.

Tinggalkan Balasan